Kraukk.com

728 x 90

Friday, February 04, 2011

Suasana Imlek Dari Pecinan Kota Tua Hingga Bogor.

Perayaan Imlek yang memasuki tahun Kelinci , sangat meriah ya mungkin menurut beberapa orang sih tidak seramai tahun-tahun yang lalu. Nuansa warna merah memenuhi kawasan pecinan Petak Sembilan. Sekumpulan para pencari berita sudah berada disana entah sejak kapan. Hilir mudik orang-orang yang akan sembahyang dan mereka yang meliput serta hanya ingin mengabadikan beberapa photo suasana Imlek memadati sebuah klenteng yang cukup terbilang tua usianya.

Pedih mata saya karena asap dari kertas-kertas doa yang sudah dibakar membuat saya menyingkir dari klenteng tua tersebut. Tidak jauh , ada sebuah klenteng yang lain, tidak terlalu besar dan tidak padat yang mengunjungi. Namun di halamannya berjejer para pengemis yang menanti angpau. Di tempat ini teman saya lebih leluasa untuk mengambil beberapa photo. Cukup banyak turis asing yang datang mengunjungi klenteng tua ini.

Selepas dari klenteng tua , menyusuri sepanjang jalan Petak Sembilan lalu singgah pada sebuah Gereja tua bergaya Tionghoa. Tidak seramai di klenteng tua itu, tetapi ada beberapa turis asing yang juga singgah disini. Gereja ini tertutup dan tidak ada seorangpun yang dapat masuk ke dalamnya. Begitu juga dengan sebuah vihara yang lain tidak jauh dari Gereja. Hanya beberapa orang yang hendak bersembahyang yang ada terlihat di sana. Sepanjang jalan yang kami lalui pun tidak macet oleh kendaraan seperti hari-hari biasa. Lewat sebuah gang , perjalanan kami lanjutkan menyusuri sepanjang jalan pasar pagi lama.Toko-toko banyak yang tutup dan sedikit lengang.

Tidak demikian ketika berada di lorong yang menghubungkan antara stasiun dan halte bustransjakarta. Ramai sekali dilorong , hujan gerimis yang sempat datang juga semakin menambah jumlah orang. Kemudian kami memutuskan untuk ke Bogor dengan kereta. Sesampainya di kota Bogor, kedatangan kami disambut hujan. Biarpun begitu, stasiun Bogor sangat penuh sesak dengan para penumpang yang akan meninggalkan atau baru saja sampai di Kota Bogor.

Disebuah mall yang tidak jauh dari Tugu Kujang Kota Bogor. Ketika berada di sebuah store yang menjual aneka bahan hasil karya mahasiswa IPB, ada sebuah pertunjukan barongsai. Musik keras dari sebuah alat yang dipukul menggemakan isi ruangan. Seekor ular naga yang dibawa oleh beberapa orang menghampiri store dimana kami berada untuk mengambil Angpao ( amplop merah ) yang tergantung di di rolling door store. Tidak lama muncul dua buah barongsai warna merah dan kuning.

Seketika itu juga penuh orang mengelilingi store yang tidak jauh dari pintu masuk ini. Mereka mengabadikan moment menghibur dengan dengan kamera handphone dan saya pun tidak ketinggalan. Beberapa adegan lucu dari tarian barongai seperti ketika akan mengambil amplop merah namun tidak kesampaian. Beberapa kali mencoba akhirnya angpao tersebut dapat diraih oleh mulut sang barongsai merah. Kalau yang warna kuning hanya meliuk liuk diantara pengunjung dan dipakai untuk berfoto oleh sebagian pengunjung. Namun, setelah angpao sudah diterima mereka berjalan lagi menuju store yang lainnya.

“ Selamat Tahun Baru Imlek “
Jakarta –Bogor, 03 Februari 2011
Veronica Setiawati
http://g1g1kel1nc1.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D