Kraukk.com

728 x 90

Wednesday, December 08, 2010

Kawasan Belanja Blok M

Sudah lama saya tidak menginjakan kaki di kawasan yang sangat terkenal dikawasan Jakarta Selatan ini. Padahal dulu saya selalu menyempatkan diri untuk datang. Menurut teman-teman saya , belanja sepatu atau tas murah-murah. Belum lagi tempatnya yang sangat ramai sehingga tidak terasa berlama-lama di sini hanya untuk sekedar jalan-jalan ataupun cuci mata.

Adanya terminal yang menjadi tujuan akhir beberapa bus umum membuat kawasan Blok M selalu ramai bahkan saat malam menjelang. Denger-denger dari berita sih, terminal ini dulunya yang pertama di Indonesia. Terbagi atas beberapa jalur untuk bus atau minibus angkutan umum. Dari pintu masuk terminal untuk kendaraan umum ini , ada lajur khusus untuk penumpang turun dan naik. Seharusnya sih melewati sebuah tangga yang menghubungkan para penumpang ini dengan sebuah tempat dibawah tanah tepat dibawah terminal. Tetapi karena kebanyakan para penumpang termasuk saya yang kurang disiplin dan tertib jadinya banyak yang menunggu, naik bus atau turunnya di luar terminal.

Di bawah terminal ini sangat luas dan ramai oleh banyak pedagang / kios kecil , sebuah tempat perbelanjaan juga restoran cepat saji. Ada tangga – tangga yang digunakan untuk menuju ke terminal diatas ataupun untuk keluar dari terminal. Untuk nomor-nomor kendaraan umum yang melintasi tiap jalur pun dapat dilihat pada tangga-tangga yang menuju terminal. Namun keliatannya sekarang kurang terawat, jadi calon penumpang kurang mendapat informasi yang jelas.

Di sebelah kiri terminal terlihat sebuah gedung Blom M Square yang besar . Dahulu tempat tersebut adalah sebuah gedung Aldiron sebuah gedung yang menampung kios-kios kecil fungsinya seperti pasar – pasar kelontong. Sejak terjadinya kebakaran besar, tempat ini berubah menjadi sebuah mal yang besar. Terdapat jalan bawah tanahnya menuju Terminal Blok M. Sekarang sih para pedagang yang diluar gedung tidak sepadat dahulu sampai memenuhi jalan. Di sekitar halaman Square yang besar ini ada beberapa pelukis jalanan seperti yang ada disepanjang Jalan Melawai.

Selain yang saya sebut diatas, juga terdapat Blok M Plaza , diseberang kawasan Blok M Mal letaknya. Disekitarnya terdapat sekolah SMU, dan Gelanggang Olahraga Bulungan. Tidak mengenal siang atau malam , kawasan ini sangat ramai terlebih ada beberapa tempat yang menyediakan tempat makan/kuliner.

Oh ya , tidak jauh dari terminal terdapat sebuah taman dan memang dikhususkan untuk taman kota. Namanya Taman Martha Tiahahu. Jika hendak melepas lelah atau sekedar duduk dan berbincang bisa mampir ditempat ini. Ramai juga yang mengunjungi, namun perlu pengawasan juga sih dari petugas jika tempat ini disalahgunakan pengunjung yang ingin mencemari taman ini dengan perbuatan yang tidak baik.

Ini hanya sedikit cerita jalan-jalan saya ketika kembali menengok kawasan Blok M yang dahulu sangat terkenal dan sebagai icon pusat perbelanjaan modern. Sudah banyak yang berubah tetapi juga kurang terawat dengan baik. Sekarang sudah tersedia jalur khusus untuk bustransjakarta, sehingga penumpang jauh lebih mudah mencari transportasi menuju harmoni. Biar bagaimanapun, kawasan Blok M ini tetap menjadi tempat yang favorit bagi warga Jakarta dan bagi para pendatang. Menara yang berada di tengah terminal sebaiknya difungsikan kembali jadi tidak hanya sebagai bangunan tanpa tuan yang mengawasi keadaan yang terjadi disekitar terminal.

Jakarta, 07 Desember 2010

Veronica Setiawati
Http://g1g1kel1nc1.blogspot.com
Facebook Page : Catatan Perjalanan
Mail to : g1g1kel1nc1@yahoo.com.au

No comments:

Post a Comment

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D