Kraukk.com

728 x 90

Tuesday, January 04, 2011

Bogor : Parahyangan Agung Jagatkarrta

Kembali, kota Bogor menjadi pilihan saya berlibur di hari pertama bulan Januari di tahun yang baru. Dengan menggunakan kereta express Pakuan Jakarta – Bogor, saya menuju kota yang selalu ada saja tempat yang ingin dikunjungi.

Di stasiun Bogor sudah menunggu Ida dan Mutia. Ternyata saya yang paling akhir sampai. Untunglah , hari pertama tahun baru ini tidak begitu ramai dan padat serta macet. Perjalanan lancar sampai ke tempat tujuan yakni sebuah Pura Jagatkartta nan agung dan megah di kaki gunung Salak. Kami diantar angkot sampai di tempat parkir pura. Lumayan tidak mengenakan jalan masuk menuju Pura dari Jalan Raya Ciapus. Sekitar satu kilometer perjalanan kami bertiga duduk kurang nyaman di dalam angkot karena jalan yang kami lalui rusak parah.

Tetapi semua ketidaknyamanan tersebut segera hilang ketika kami sampai di pintu masuk Pura. Udaranya sejuk, pemandangannya bagus dan banyak orang-orang yang akan bersembahyang di dalam. Kami diizinkan ke dalam dengan catatan kami sebagai perempuan tidak dalam kondisi datang bulan atau haid. Sesampainya kami di sebuah halaman yang besar, saya tidak boleh masuk ke atas menuju pelataran pura karena memakai celana pendek, tetapi Ida dan Mutia dapat masuk. Mereka berdua diikatkan tali berwarna kuning pada pinggangnya, sedangkan saya memakai kain panjang untuk menutupi bagian pinggang sampai kaki lalu pinggang saya diikatkan tali berwarna kuning.

Dari sini, kami menaiki anak tangga menuju pelataran Pura , dimana terdapat sebuah patung Ganesha yang besar. Patung yang berwajah gajah tetapi berbadan manusia. Di tempat ini, kami diminta untuk melepaskan alas kaki. Lagipula disitu disediakan rak – rak kecil untuk menyimpan sepatu atau sandal selama kami berada di dalam. Tepat di depan anak tangga, ada sebuah bangunan kecil yang dibungkus kain berwarna kuning dan putih. Ternyata itu adalah sebuah tempat air yang digunakan mereka yang hendak berdoa di dalam pura dengan cara dipercikan ke atas kepala mereka.

Pura Agung sudah terlihat jelas dan sangat cantik di ujung sana. Kabut yang turun menutupi sebagian permukaan gunung salak semakin menambah menariknya tempat ini. Tepat di hadapan Pura terdapat sebuah pendopo yang besar. Dari sini bisa melihat pemandangan yang sangat bagus dibawah sana. Sewaktu kami tiba dipendopo ini beberapa pengunjung sedang berdoa. Seorang pemangku atau pemimpin ibadat duduk pada sebuah tempat tersendiri sambil membunyikan lonceng , memimpin sebuah ibadat bagi setiap orang yang duduk bersimpuh ditempat tersebut. Kemudian memercikinya dengan air lalu menempelkan sesuatu di dahi mereka. Ternyata sesuatu itu adalah tiga butir nasi yang menempel di dahi mereka dan juga mengandung pengharapan semoga pikiran kita selalu bersih.

Pura Jagattkarta ini bentuknya seperti tiga buah candi dan masing-masing memiliki satu pintu yang hanya bisa dimuat oleh satu orang. Masing-masing pintu memiliki anak tangga yang menuntun setiap orang yang hendak berdoa di dalam, namun hanya pintu yang di bagian tengah yang ditutup. Menurut seorang pengunjung yang saya tanyai , pintu yang ditengah itu dikhususkan untuk Tuhan atau Sang Hyang Widi. Jalan masuk menuju pintu tersebut dijaga oleh patung dua ekor ular yang sangat besar. Pintu masuk yang digunakan adalah disebelah kiri dan kanan untuk mereka yang ingin masuk dan berdoa didalam.

Bagian dalam atau dibalik pura tersebut adalah sebuah tempat doa/tempat yang suci dan tidak diperkenankan untuk mengambil gambarnya. Kalau hendak masuk kedalam khusus untuk mereka yang hendak bersembahyang. Anak tangga yang menuju pintu menggambarkan bahwa untuk berjumpa dengan Tuhan, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk mencapainya. Tidak demikian ketika mendekati pintu yang mahasuci. Mereka yang dapat melewati anak tangga tersebut yang dapat menjumpai Tuhan. Pintu yang sempit ketika sampai di puncak anak tangga, menggambarkan pribadi yang berjumpa dengan Tuhan karena sempitnya pintu hanya satu atau dua orang yang dapat melewatinya. Sebab ketika berada dibawah , pintu terbuka lebar , siapa saja bisa masuk kedalam.

Kami tidak dapat masuk ke dalam pura tetapi pemandangan dari pintu , sangat cantik. Melelahkan memang ketika menaiki anak tangga menuju pintu masuk pura. Tetapi begitu pandangan dilepaskan ke bawah, melihat pendopo dan kota Bogor rasanya semua lelah itu hilang. Lalu ketika kami akan meninggalkan tempat ini, kain dan ikat pinggang yang melekat kami kembalikan. Luar biasa tempat ini, sebagai tempat wisata religi umat Hindu memang begitu menarik untuk dikunjungi.

Bogor, 1 Januari 2011
Parahyangan Agung Jagatkarta
Jl. Nanas, Warung Loa, Desa Taman Sari, Kec. Taman Sari - Bogor
Telp (0251) 485092

Veronica Setiawati
http://g1g1kel1nc1.blogspot.com
mailto : g1g1kel1nc1@yahoo.com.au
Facebook Page : Catatan Perjalanan
Thanks to Tarmidah Sumargo dan Mutia untuk perjalanan yang berkesan di kota Bogor

No comments:

Post a Comment

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D