Kraukk.com

728 x 90

Friday, April 17, 2009

Taman Buah Mekarsari

Tanggal 11 Januari 2009 yang lalu, bersama ibu-ibu PKK RW 10 cengkareng dalam acara pelepasan masa jabatan RW yang lama, kami warganya di ajak jalan-jalan berwisata. Aku sama mama ikut di dalamnya. Kami berkumpul bersama ibu-ibu yang lain di dekat rumah sakit cengkareng. Pkl 07 pagi kami bergerak meninggalkan cengkareng menuju tempat tujuan melalui jalan tol Sudiyatmo tol dari arah cengkareng kamal.

Awalnya rencana pergi ke Kebun raya bogor mungkin karena waktunya yang diperkirakan tidak cukup, di tengah jalan berubah haluan menjadi ke Taman Buah mekarsari. Yah gitu deh jalan sama ibu-ibu yang ada rameee banget di dalam bus. Pusing dengernya.

Keluar tol di cibubur dan dari situ melalui jalan biasa menuju cileungsi. Di dalam bus di tagihin lagi masing-masing orang Rp 5000,- untuk biaya masuk ke Taman Buah Mekar Sari ( TBMS ) , awalnya kami dikenakan biaya Rp 50.000,- per orang. Kami tiba di Mekarsari pkl. 08.30 masih cukup pagi dan belum banyak pengunjungnya. Setelah cukup lama melakukan pembayaran di loket masuk akhirnya kamipun sampai di pelataran pakir yang cukup luas.

Turun dari bus , ibu-ibu ini mulai berpencar. Hanya diberitahukan kepada kami semua kalau kumpul lagi di parkiran pukul 12 siang. Aku dan mama saja mulai berjalan berkeliling, sedangkan ibu-ibu yang lain sudah tidak tau di mana keberadaannya, ada yang ikut kereta keliling, ada yang berjalan ke arah tikungan dan hilang ke arah mana aku juga tidak tau. Mau diikutin juga mereka sudah tidak kelihatan lagi.

Kami pelan-pelan ikuti langkah kaki. Menuju sebuah taman yang luas di tengah-tengah taman mekarsari ini dan melihat gedung yang dari atasnya dialiri air. Menarik sekali. Dan langkah kami berbelok ke arah perkebunan belimbing dan mangga. Cuaca masih tidak terlalu panas dan menyengat jadi perjalanan kami tidak terasa lelah. Kami juga melewati kandang rusa sperti yang ada di kebun raya bogor kemudian berputar eehh kembali lagi menuju tempat awal sebelum kami berangkat yakni di dekat pusat informasi hehe...

Tidak jauh dari situ ada informasi untuk menaiki kereta/mobil wisata untuk mengelilingi mekarsari ini. Ya sudah aku pikir masih ada waktu, maka aku pesen tiket 2 orang masing-masing harganya Rp 40.000,- dan dapat masing-masing 1(satu) paket tiket kupon yang di gunakan untuk ditukarkan dengan softdrink di perhentian yang ada di kebun melon dan salak, untuk ditukarkan dengan souvernir di toko souvernir, ditukarkan dengan bibit tanaman , disarankan sih setelah kembali ke tempat awal daftar dan dapat gratis buah di kebun belimbing dan salak. Dan stiker hijau yang kami tempelkan didada atas sebagai tanda peserta tour greenland.

Aku dan mama naik kereta wisata yang pkl 10.00 pagi dengan no. kereta 17 dari pusat informasi (Ghraha Krida Sari). Ternyata kereta wisata ini hanya berhenti di kebun melon. Pantesan cepet koq aku amati di tempat awal berangkat sepertinya neh kereta baru aja berangkat kpq sudah balik lagi , apa areanya deket yaa ehh ternyata cuma antar sampai melon toh hehe...

Aku dan mama melihat-lihat sejenak ke dalam kebun melon. Melonnya belum waktu panen. Di dekat shelter kebun melon aku menukarkan tiket kupon yang aku dan mama punya dengan softdrink. Tidak mau menunggu lama, kami melanjutkan perjalanan lagi dengan kereta selanjutnya yang ada menuju kebun salak.

Wah ternyata , perjalanan menuju kebun salak adalah perjalanan yang kami telah lalui tadi dengan berjalan kaki. Semakin siang, pengunjung semakin banyak. Sepanjang perjalanan itu juga tour guide nya menjelaskan kebun buah-buahan yang ada di kiri kanan jalan yang kami lalui dengan kereta ini. Sperti kebun mangga, belimbing, nangka, juga menjelaskan jumlah rusa sekarang sudah mulai bertambah sejak pertama kali dikembangbiakan sebanyak 15 ekor.

Tibalah perjalanan di kebun salak. Di sinipun tiket kupon yang aku punya , aku tukarkan dengan sekeranjang salak, wuiih ternyata manis rasanya hehe.. Di area ini pun punya pemandangan yang bagus banget. Tempat peristirahatannya juga sejuk ada saungnya dan ada juga tempat untuk sholat sepertinya pengunjung dimanjakan untuk berlama-lama. Jika ada pengunjung yang hendak membeli buah-buahan untuk oleh-oleh pun juga tersedia, tempatnya juga tidak jauh dari shelter kereta wisata.

Perjalanan kami lanjutkan kembali dengan kereta wisata yang baru menuju kebun belimbing. Kembali guide tournya menjelaskan tentang kebun-kebun buah yang ada di sisi kanan dan kiri seperti kebun rambutan, belimbing dan waktu ke sana ada yang sedang panen loh :) Kereta wisata berhenti dishelter kebun belimbing. Aku segera menukarkan tiket kuponnya dengan 1 belimbing, karena aku ada 2 tiket jadi aku dapat 2 buah hehe... Besar belimbingnya, namanya buah bintang.

Aku dan mama segera melanjutkan perjalanan lagi. Karena waktunya sudah jam 11 , hampir selesai waktunya neh karena satu jam lagi berkumpul kembali di tempat parkir bus. Tetapi perjalanan kami masih jauh, kereta wisata ini masih melewati kebun-kebun yang lain yang lebih luas lagi, rumah pohon leo yang unik, area waterboom yang akan di bangun, tempat outbound wahhh bener-bener perjalanannya gak bisa aku nikmati dengan enak karena sedikit-sedikit lihat jam karena waktunya sudah setengah jam lewat. Waaah kami bisa ditinggalin neh.. kami semakin gelisah dan tidak bisa menikmati perjalanan kalau begini rasanya :))

Akhirnya kereta wisata ini berhenti di perhentian terakhir yakni di danau mekarsari. Karena kami ingin meneruskan perjalanan lagi menuju tempat awal atau pusat informasi, maka kami sedikit berlari menuju shelter kereta wisata yang tempatnya cukup jauh dari danau. Itupun karena informasi dari seorang security. Dan tidak perlu antri lama kami duduk di dalamnya. Ternyata, jalurnya melewati tempat-tempat yang telah dilewati sebelumnya. Duuuh pikirku terlambat neh, aku mulai tidak tenang palagi mamaku hehe...

Pukul 12. lewat, hampir setengah satu sampailah kami dipusat informasi (graha Krida sari) tempat awal kami melakukan perjalanan ini. Aku tidak sempat lagi menukarkan satu lagi tiket kuponnya dengan bibit tanaman karena sudah terlambat bisa-bisa kami berdua di tinggal di cileungsi. Dengan setengah berlari , kami menuju tempat parkir bus dan tepatlah dugaan kami, disana ibu-ibu sudah menunggu disertai raut muka yang tidak menyenangkan atas keterlambatan kami ini. Yahh sempet sih ada ibu yang melontarkan kalimat tidak enak , tapi yah kami salah koq kami minta maaf, tapi ada juga ibu-ibu yang menanyakan souvernir dan buah-buahan yang kami bawa koq bisa dapat? begitu deh tanyanya ibu-ibu dan semua itu di jawab oleh mamaku hihihi....

Perjalanan berikutnya menuju bogor ke tempat pusat belanja tas di tajur KSI di jalan katulampa. Waktu ke bogor hujan cukup lebat. Dan aku di sana hanya numpang makan tidak belanja.

Ini data tentang mekarsari semoga belum berubah