Kraukk.com

728 x 90

Friday, July 09, 2010

Indahnya matahari pagi di Pangandaran

Saya belum pernah menyaksikan keindahan matahari pagi dari pantai. Tetapi di pantai timur Pangandaran saya dapat melihat keajaiban matahari pagi muncul dari balik air laut.

Pukul 6 pagi saat mata masih ngantuk dan badan masih ingin menyatu dengan selimut yang tebal, tetapi karena keinginan yang besar melihat sunrise membuat saya segera bangun. Padahal semalam hujan , saya agak tidak yakin kalau akan mendapat matahari pagi. Tetapi begitu melihat cahaya terang dari balik jendela kamar hotel terlihat tanda pagi yang cerah, segera saya melarikan diri dari kamar.

Letak pantai timurnya tidak begitu jauh. Ada akses sebuah jalan di sebelah hotel Pantai Jaya, tempat saya dan teman-teman ziarek menginap. Saya mengetahuinya juga ketika tiba malam hari di Pangandaran, saya dan teman-teman beramai-ramai melewati jalan ini menuju tempat makan seafood berjejer di pinggir pantai untuk makan malam.

Saat pagi itu , saya berjalan kaki sampai dipinggiran batu-batuan pantai Pangandaran. Ternyata tepi pantai sudah ramai, namun terlihat genangan air bekas hujan semalam. Langit memang terlihat mendung. Angin terasa sangat sejuk dan deburan ombak terdengar sangat kencang. Saya memandang laut didepan saya tanpa batas dan halangan.

Di kejauhan sana sebuah perahu nelayan bergerak perlahan menuju tengah lautan . Dibelakangnya tampak juga sebuah gunung berasap nun jauh disana.

Saya masih berharap melihat matahari terbit. Langit disebelah timur juga belum masih belum menampakan sinar matahari karena tertutup awan kelabu dan sebagian warnanya kebiruan. Sedangkan sudah banyak orang berjejer dipinggiran pantai menunggu matahari pagi atau sekedar menikmati pagi hari di pantai yang pernah terjadi tsunami ini. Tetapi penantian saya dan mereka semua tidak sia-sia, sedikit demi sedikit cahaya emas itu mulai menampakan diri dari balik bukit didekat laut itu. Cantik sekali..

Mendung yang menyelimuti pagi perlahan sirna seiring cahaya matahati pagi meninggi. Entahlah saat melihat matahari terbit hati saya melonjak kegirangan. Mungkin karena indahnya atau karena memang sedang terpesona. Terselip ucapan syukur dihati saya karena masih dapat melihat matahari terbit dengan sempurna seperti ini.

Setelah selesai menyaksikan pesona matahari terbit di pantai Pangandaran saya kembali ke penginapan. Di warung-warung , tempat semalam kami makam malam, sudah mulai bebenah. Pantai timur Pangandaran memang untuk nelayan yang mencari hasil laut. Bau – bauan dari hasil laut pun terasa kuat. Saya bergegas untuk kembali untuk mempersiapkan perlengkapan menuju tujuan berikutnya.