Kraukk.com

Menuju Kuningan Jawa Barat

(Hari I )
Tujuan : Gua Maria Cisantana

Sekitar satu tahun yang lalu , hari sabtu, tepat nya akhir bulan Mei 2008 saya dan lingkungan st. anna maria berziarah ke gua maria cisantana kuningan jawa barat. Perjalanan yang seharusnya berangkat pagi jam 7 menjadi molor berangkatnya jam 10 pagi dari cengkareng. Kami peserta kurang lebih 60 orang terdiri dari beberapa keluarga (ibu , bpk dan anak-anak) dan peserta diluar lingk. St. anna maria. Semua peserta yang ikut serta memakai kaos seragam yang diberikan panitia acara. Sebab acara pertama setelah tiba di kuningan adalah jalan salib menuju gua maria cisantana kuningan.

Perjalanan lumayan jauh. Lewati jalur pantura yang sepi kendaraan. Tengah hari kami sampai dikaranganyar dan beristirahat sejenak di salah satu restoran yang ada di sekitar karanganyar. Perjalanan masih harus melewati kota cirebon dan tol kuningan. Pemandangan selama perjalanan sangatlah bagus apalagi di tambah dengan cuaca yang cerah dan panorama gunung ceremai yang terlihat jelas.

Bus yang kami tumpangi sempat nyasar jalan ketika sudah sampai di kuningan menuju cisantana. Tanya dengan berberapa penduduk tidak ada yang mengetahui jelas letaknya gua marianya. Sampai akhirnya tanpa disengaja seorang penjual asongan masuk ke dalam bus dan menuntun kami menuju tempat ziarah gua maria cisantana.

Tiba di pelataran parkir gereja dekat jalan kecil menuju area jalan salib gua maria sawer rahmat cisantana , sudah pukul 5 sore. Kami melewati jalan kecil , rumah penduduk dan kuburan di sisi kanan dan kiri menuju pintu masuk gua maria. Udara dingin sudah mulai terasa ketika kaki saya melangkah menyusuri jalan – jalan ini. Bukit-bukit dan persawahan juga pemandangan yang indah sepanjang jalan membuat saya bersemangat untuk sampai ke tujuan bersama keluarga yang lain dibelakang saya dan teman-teman kecil saya.

Sampailah kami di persimpangan , tepatnya di sebuah pasar kecil yang merupakan tempat pertemuan tiga arah. Dari tempat parkir bus kami , letaknya masih ke atas lagi sekitar 500 mtr dan akan tiba ditempat parkirnya gua maria cisantana yang lebih luas. Kalaupun dari arah jalan kecil tempat us kami parkir pun juga bisa. Tetapi akan melewati makam, tetap saja di pasar kecil ini sebagai titik temunya.Kemudian ke arah ke gua maria dengan menuruni anak tangga dan di kanan kirinya banyak kandang sapi. Sampai menemukan pintu masuk gua maria , atau disebutnya taman Getsemani. Awal ibadat jalan salib dimulai dari sini. . Ditempat ini ada lukisan Yesus ketika Ia sedang berdoa sebelum kematian menjemputNya. Tempatnya cukup luas.

Selesai masing-masing kami berdoa kami membagi tugas untuk membacakan renungan tiap-tiap perhentian ibadat jalan salib. Waktu sudah pukul 17.30 ketika kami memulai ibadat jalan salib dan udara dingin mulai bergerak turun menyelimuti tempat dimana kami akan menuju perhentian I. Kami menaiki anak tangga yang tebuat dari batu-batu menuju perhentian I. Kabut sudah mulai turun dan gelap sebentar lagi akan menutup sore ini .

Perjalanan ibadat salib ini begitu melelahkan karena perjalanannya mendaki menuju tiap perhentian sampai selesai di gua maria. Ada beberapa anak-anak kecil sekitar yang turut serta dengan kami , menuntun kami melewati anak tangga.

Penerangan agak kurang jelas jadi kami harus berhati-hati melangkah menapaki tangga. Pun juga extra hati-hati dengan barang atau tas – tas yang kami bawa agar tidak kehilangan. Perjalanan dari perhentian satu ke perhentian yang lain diisi dengan doa salam maria.
Ketika saya , siska dan mama mendapat tugas membaca di perhentian XIV , saya benar-benar kelelahan. Saya sudah tidak tahu apakah suara saya kedengaran atau tidak dengan yang lain. Namun berakhirnya jalan salib ini di depan gua maria.

Bentuk gua marianya cantik dan dipenuhi dengan asap lilin serta orang-orang yang berdoa. Area gua marianya juga luas, kalau datangnya siang pasti terlihat jelas kecantikan kota kuningan dapat kelihatan dari tempat ini. Malam hari sajapun, lampu-lampu kota terlihat sangat indah dari tempat ini.

Kalau melihat ke bawah dari tempat gua maria berjejer beberapa tempat duduk yang biasa digunakan untuk acara doa atau pertemuan atau tempat berkumpul, dan di depannya ada tempat istirahat balai. Di sisi kiri gua maria ada pancuran air yang bisa di bawa pulang ataupun dibuat minum dan cuci muka. Dingin airnya. Di sebelah kanan gua maria ada kapel kecil yakni kapel Hati Kudus Yesus. Setelah berdoa , saya mendatangi kapel tersebut. Ternyata akan dimulai misa ekaristi penutupan bulan maria.

Umat sudah penuh di dalam kapel yang hanya beralaskan tiker. Saya dan siska hanya duduk di pelataran luar kapel . sendal kami masing-masing sebagai alas duduk. Misa dimulai pkl. 7 malam. Bahasa yang digunakan tidak pakai bahasa sunda mungkin kebanyakan umat yang hadir adalah banyak dari sekitar kuningan , cirebon atau pengunjung dari jakarta seperti rombongan kami.
Duduk lesehan selama hampir satu jam setengah membuat kaki saya keram apalagi saya tidak kuat udara dingin. Ucapan romo yang memimpin misa waktu itu telah merubah pandangan saya, maklumlah waktu saya pergi sedang punya masalah tentang percintaan saya hehe,..pacar saya pergi meninggalkan saya dan menikah dengan orang lain.. tragis banget yaaa hehe.. tapi untuk apapun yang terjadi saya tetap ucapkan terima kasih.

Sepeninggal dia banyak hal yang berubah dalam diri saya yang lebih baik tentunya, saya bisa bepergian kemana saja. Melihat daerah-daerah yang belum pernah saya kunjungi hehehehe.. Akhir dari perjalanan gua maria ini kami berpoto bersama bersama semua peserta.

Perjalanan pulang, mungkin karena lelah beberapa orang memutuskan untuk naik ojeg melewati jalan yang kami lalui. Saya jalan kaki bersama mama dan siska. Tapi siska takut saat lewat kuburan setengah merem, tangannya kenceng banget menggaet lengan saya. Tiba di bus, kami menuju tempat penginapan bukan hotel tetapi di sebuah asrama perawat rumah sakit dan rumah seorang saudara dari salah satu ibu di lingkungan kami. Setelah makan malam , kami membagi kamar untuk tiap peserta dan keluarganya dan tidurlah kami.

**Vero di Catatan kuningan jabar, 31 mei 2008 , Atau bisa di click di Album Kuningan hari I

1 comment:

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D