Kraukk.com

Menuju kuningan jawa barat

(hari II)
Tujuan : Gereja Cigugur, Waduk Darma, Paseban dan Cirebon

Minggu Pagi buta 01 JUni 08 ,pukul setengah lima saya bangun dan segera mandi. Siang dikit sudah penuh orang yang mengantri untuk mandi. Setelah itu saya jalan-jalan pagi sendirian melihat – lihat daerah sekitar tempat kami menginap . Ternyata sudah banyak orang yang lari-lari pagi. Berjalan ke arah sebelah kiri penginapan menuju sebuah pertigaan jalan, ada yang unik , ada sebuah bangunan cagar budaya namanya Paseban Tripanca Tunggal. Seperti orang aneh saya duduk di depannya.

Tidak lama saya mendengar bunyi lonceng, saya pikir saya salah dengar ehh ternyata benar. Saya ikuti sumber suara tersebut sampaiah di gereja kristus raja cigugur. Oohh pemberitahuan mau ada misa pagi tooh yang jam 6 . Saya ikuti aja misa paginya hehe,, pakai bahasa sunda saya tidak mengerti. Umat yang datangpun kebanyakan nenek./kakek memakai kebaya dan berpakaian sangat sopan sperti orang mau kondangan.

Saya aja salah kostum banget diantara mereka dan jadi perhatian dah pasti ditebak dari jakarta hehe… *kasih contoh yang gak bener ya..* Oh ya mereka sangat sopan dan taat.Mau loh jalan kaki jauh-jauh dari tempat tinggal mereka untuk ibadah pagi. Bener-bener pemandangan yang mungkin jarang saya lihat di Jakarta.

Selesai misa saya lari ke penginapan karena tadi saya pergi gak pamit sama mama. Dan bener di jalan ketemu dengan ibu-ibu lingkungan yang mau ikuti misa kedua yang jam 7.30,

mereka berteriak
“vero.. dicari mamanya tuh. Gak bawa hp ya? Di telp gak nyambung.”
Saya bilang “ ikut misa tadi tante. Baru selesai neh.
Maaf hpnya batreynya habis gak bawa charge.”
Sambil cengar cengir ala diriku.

“Makanya bilang dulu ke mama kalau mau pergi , dah sana temui mamamu dulu.”

Selesai bicara , langsung ngacir ke tempat penginapan yang gak terlalu jauh dan lihat mama sedang sarapan pagi bersama siska temen saya. Langsung tanpa ditanya duduk didepannya dan bicara tadi abis kemana aja biar gak diomelin hehe… setelah itu ambil makan pagi isi perut yang kosong.

Selesai sarapan saya, mama , siska dan beberapa peserta yang tidak ke gereja berjalan-jalan di sekitar tempat kami menginap. Dan tentunya ke paseban itu lagi , saya penasaran dengan isi di dalam paseban tetapi waktunya gak mencukupi untuk saya melihat-lihat ke dalam karena kami harus kembali menunggu peserta lain pulang misa untuk melanjutkan perjalanan lagi menuju waduk darma. Dan rencana ke air terjun dibatalkan.

Pukul 11.00 kami bergerak menuju waduk darma. Setengah jam kemudian kami sampai di waduk darma. Luas sekali waduk ini dan letaknya di pinggir jalan raya. Biaya masuk perorang sekitar 5.000 rupiah. Diarea waduk darma ini kami mengadakan beberapa games untuk bapak-bapak, ibu-ibu bahkan anak-anak. Lombanya macem-macem ada lomba giring bola plastik pakai terong yang diikat tali, joget jeruk , lomba kelereng, makan kerupuk.

Pukul satu siang acara selesai kami menuju tempat kami menginap untuk mengambil makanan yang sudah disiapkan untuk perjalanan pulang. Karena waktunya diperkirakan tidak cukup untuk singgah lagi di linggar jati, maka diputuskan melanjutkan perjalanan ke Cirebon untuk belanja batik. Putar-putar kota Cirebon akhirnya ketemu deh tempatnya. Saya juga beli satu baju batik dan langsung di pakai.

Meninggalkan kota Cirebon sudah sore dan jalur pantura sudah mulai padat terutama dengan kendaraan terutama truk-truk besar. Saya pun hanya tidur di dalam bus. Lelah , pegel, ngantuk dan gerah menjadi satu di badah saya. Bus istirahat sebentar di rumah makan masih sekitar jalan pantura dan kami beristirahat sebentar melepaskan kepenatan di dalam bus dan kami melanjutkan perjalanan menuju tol cikampek menuju Jakarta.

· Vero di catatan kuningan jabar, 01 juni 2008 Link Foto juga bisa di lihat di Kuningan Hari Kedua