Kraukk.com

728 x 90

Saturday, June 05, 2010

Kegiatan Ziarek KKMK KAJ – Faith in God

Menyenangkan bagi saya mempunyai waktu mengikuti kegiatan kerohanian lagi. Kali ini bersama teman-teman dari Kelompok Karyawan Muda Katolik Keuskupan Agung Jakarta ( KKMK KAJ ). Dalam liburan akhir bulan Mei yang panjang , berziarah ke beberapa Gua Maria seperti Ganjuran – Bantul , Gua Maria Tritis Gunung Kidul dan Kaliori Purwokerto. Serta diakhiri dengan rekreasi ke pantai pangandaran dan green canyon.

Bagi saya begitu membaca tempat-tempat yang akan dikunjungi menarik sekali. Gereja dan candi Hati Kudus Yesus Ganjuran , belum pernah saya kunjungi. Saya penasaran ingin mengetahui seperti apa bentuk dari candi tersebut. Karena begitu saya lihat di photo tempat ini begitu unik dan menarik. Selain itu juga karena tempat-tempat yang lainnya sperti Gua Maria Tritis serta Kaliori yang belum pernah juga saya kunjungi sungguh membuat saya tertarik. Ya akhirnya saya memutuskan untuk ikut acara ziarek tersebut. Setiap peserta yang ada dalam satu bus pun mempunyai motivasi yang berbeda saat ditanya alasan mengikuti acara ziarek ini , seperti belum pernah ke jogja, belum pernah mengunjungi ganjuran , sudah lama tidak mengikuti kegiatan ziarek , belum pernah ke green canyon dan lainnya.

Para panitia pun sangat ramah kepada peserta yang baru pertama kali ikut atau yang datang sendirian seperti saya. Mereka menerima kami dengan baik. Perjalanan panjang selama empat hari tiga malam pun tidak terasa melelahkan karena kekompakan dari para panitia yang membuat para pesertanya yang berjumlah sekitar 40an orang merasa nyaman dengan bus yang mengantar kami . Bagi saya susunan acara yang dibuat panitia tidak terlalu mengekang peserta. Cara mereka menyampaikan informasi dari beberapa tempat yang akan kami kunjungi pun menarik bagi saya, selain apa yang tercantum dalam buku ziarek serta beberapa artikel yang telah dibagikan. Seperti ketika menjelaskan sebuah lokasi desa wisata ketika memasuki Gua Maria Ganjuran ataupun tempat – tempat wisata lain disekitar kota jogja.

Tentu saja berbeda dengan trip jalan-jalan yang pernah saya ikuti, dalam ziarek ini disepanjang perjalanan selalu ada doa yang membuat saya, setelah perjalanan ziarek ini menjadi terbiasa untuk berdoa pada jam-jam tertentu. Contohnya sperti doa malaikat Tuhan yang mempunyai jam doa pkl 06.00 , pkl 12.00 dan 18.00. Kemudian doa Rosario setiap hari, dimulai pada hari kamis malam saat kami berangkat sampai hari minggu pagi ketika perjalanan menuju green canyon. Belum lagi setiap pukul 15.00 ada rangkaian doa koronka. Saya merasa sungguh terberkati karena saya sekarang mulai jarang berdoa , tetapi ketika mengikuti ziarek tidak henti-hentinya tangan saya memegang Rosario dan berdoa. Ajaib ! sama ajaibnya seperti perjalanan ziareknya yang sungguh lancar tanpa terhalang macet sejak awal kami berangkat sampai tiba kembali di tempat tujuan di gereja Theresia. Tuhan sungguh pegang peranan.

Jikalau mengadakan ziarah ke gua maria pasti ada ujud doa yang akan disampaikan. Ketika akan memasuki GM Ganjuran , kertas untuk menulis ujud doa dibagikan. Saya segera menulis beberapa ujud doa pribadi dan keluarga. Kertas-kertas ujud doa yang sudah ditulis oleh tiap peserta dikumpulkan dalam satu kotak. Begitu kami tiba di kompleks gereja ganjuran, kertas-kertas doa tersebut didoakan bersama – sama. Untuk jalan salib , panitia mengadakannya ketika kami tiba di Gua Maria Tritis Gunung Kidul. Beberapa peserta juga dilibatkan dalam pembacaan renungan jalan salib. Lembaran bacaan tiap perhentian disediakan oleh panitia. Setelah itu kertas –kertas doa yang terkumpul di doakan kembali bersama-sama. Terakhir kertas-kertas ujud doa tersebut dibakar pada saat doa umat dalam misa kudus ekaristi di gereja kaliori banyumas oleh pimpin romo Vincent yang memimpin misa.

Oh ya sewaktu registrasi ulang, ada pencatatan tanggal lahir. Dua orang peserta yakni Leni dan Adi , mereka berulang tahun di bulan Mei. Serentak kami menyanyikan lagu selamat ulang tahun buat mereka berdua. Meriah sekali. Lalu mereka menyalami semua orang dalam satu bus..

Untuk penginapan , panitia juga berusaha memberikan tempat yang terbaik untuk kami. Sewaktu di kota jogja ketika selesai dari Gua Maria Tritis kami menginap di sebuah hotel di dekat malioboro serta esok paginya mendapat sarapan soto ayam. Hotelnya cukup bagus, satu kamar untuk dua orang. Buat saya sudah cukup untuk tempat istirahat karena bisa mandi dan tidur nyenyak. Begitupun ketika di Pangandaran , selesai ziarah dari kaliori, juga disediakan tempat penginapan oleh panitia di wilayah yang sangat strategis. Sehingga memudahkan kami menuju pantai barat atau pantai timur pangandaran. Hotel di Pangandaran pun juga lebih bagus apalagi sarapan nasi goreng yang menjadi makanan favorit dan itu saya enak sekali.

Kalau saya amati untuk makanan pun sangat diperhatikan oleh para panitia yang terdiri dari 5 orang ini. Snack , makan siang dan makan malam pun ada jadwal-jadwal tertentu dan tidak akan membuat para peserta kelaparan atau mengeluh soal ini. Terlebih air minum juga tersedia sangat banyak. Untuk hal ini saya pun acungkan jempol untuk para panitia. Panitia juga memberikan waktu yang leluasa kepada para peserta untuk berdoa pribadi atau membeli souvenir . Kemudian berkumpul kembali sesuai dengan jadwal yang telah diberikan panitia.Waktu yang diberikan panitia bisa saya manfaatkan lebih untuk berdoa pribadi dan menjelejahi serta mendokumentasikan photo dari tempat – tempat tersebut dengan lebih leluasa supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara-cara para panitia sperti Agnes Dian, Yoli , Jenifer , Hendrawan dan Landy serta dibantu dengan Era patut diacungin jempol . Para peserta yang awalnya yerkesan malu-malu dan suasana beku , perlahan-lahan menjadi cair. Seperti dengan menyanyikan lagu-lagu , kesaksian hidup, perkenalan dan memang kebanyakan acara yang mencairkan suasana tersebut dilakukan di bus. Beberapa diskusi yang menarik juga diangkat supaya lebih akrab seperti membahas mengenai percintaan, ya maklum saja karena para pesertanya adalah kaum muda yang mungkin juga sebagian besar sedang mencari pasangan sejatinya.

Bagi saya mengikuti kegiatan ziarek bukan hanya sekedar jalan-jalan atau senang-senang. Tetapi lebih dari itu yakni mencari makna yang terdalam dari hidup saya. Penyertaan Tuhan sepanjang perjalanan hingga dalam cuaca bahkan ketika di pantai pangandaran Dia berikan sunrise yang sangat sangat indah dan membuat saya terkagum-kagum. Betapa sempurnanya matahari pagi juga diberkatinya sepanjang hari sampai di green canyon dengan tidak hujan. Itu sunguh luar biasa. Kerinduan akan doa dan kumpul dengan kawan-kawan seiman turut menguatkan saya. Setidaknya ketika tiba dirumah dan telah berpisah dari mereka , ada kerinduan berdoa seperti yang telah dilakukan selama dalam perjalanan ziarek. Dan itu sungguh menjadi berkat yang tidak ternilai buat saya.

( GM Ganjuran, GM Tritis , GM Kaliori , Pangandaran dan Green canyon 27 – 30 Mei 2010 )