Kraukk.com

728 x 90

Monday, June 21, 2010

Wisata Alam Yang Menarik Di Baturraden

Siapa yang akan menyangkal keindahan alam Baturraden? Begitu kaki berada di tengah-tengah kawasan wisata alam di daerah Baturraden pasti akan berdecak kagum. Seperti ketika saya mengunjungi sebuah tempat wisata alam telaga sunyi dan curug gede dengan hutan alamnya.

Begitu melihat pintu gerbang telaga sunyi yang terletak ditengah-tengah pohon pinus, hati saya sedikit meragu apa iya ini tempatnya. Dengan membayar tiket masuk saya menyelidiki wisata alam seperti apa yang ditawarkan dari tempat ini. Ternyata sebuah telaga. Entah mengapa dinamakan telaga sunyi , mungkin karena letaknya yang tersembunyi jauh dari keramaian dan memang sunyi.


Tempatnya memang sangat cantik dan menarik. Ditumbuhi pohon-pohon besar dan lebat. Licin dan berlumut jadi harus berhati-hati apalagi kalau hujan besar , pengunjung segera meninggalkan tempat ini karena keadaan sekitarnya yang memang membahayakan keselamatan. Sebelum sampai ke telaga terdapat aliran sungai jernih sekali tetapi batu-batuanya sangat besar dan tajam. Oleh sebab itu disepanjang jalan menuju telaganya dibatasi dengan pagar kayu.


Agak ketengah warna air hijau tua. Cukup dalam kelihatannya dan tenang. Saya mencoba menyebranginya dan berdiam di bebatuan di sana. Beberapa rombongan ibu-ibu mulai berdatangan. Mereka berpoto dan ingin menyebrang namun karena takut jatuh mereka mengurungkan niatnya dan berdiri dekat telaganya.

Telaga sunyi memang sangat lembab dan dipenuhi tumbuhan pakis dan lumut. Di telaganya juga terdapat air terjun yang kecil. Dinding-dinding sekitar telaga juga begitu menarik dan terkesan angker. Kedalamannya sekitar 7 meter. Dari air terjun ini mengalir sampai ke sungai yang penuh dengan batu-batuan bercadas tersebut. Tetapi jika untuk menikmati keindahan alamnya saya senang sekali disini karena kesunyiannya.


Lain halnya dengan kawasan lain di sekitar baturraden juga yakni curug gede. Awalnya hanya untuk mencari desa ketenger yang dijadikan desa wisata. Tetapi kenyataannya saya masuk ke dalam sebuah kawasan yang tersambung dengan aliran pipa yang berasal dari sebuah PLTA yang ada di sana ( Kolam Tando Harian ) . Kemudian saya melewati sebuah jembatan yang terbuat dari besi. Sudah rusak dan harus dilewati satu orang bergantian.


Dibawah jembatan besi tersebut mengalir air yang sangat deras. Waahh saya pusing harus berjalan diatas jembatan besi ini terpaksa saya jalan perlahan-lahan sambil memegang tali besi yang ada disepanjang jembatan. Ngeri sekali tetapi untunglah selamat walaupun kaki saya gemetaran.


Menyenangkan sekali setelah dari jembatan besi ini masuk menyusuri hutan. Kehujanan pula. Untunglah saya mengenakan raincoat. Tetapi banyak binatang kecil seperti cacing menghisap darah dikaki saya. Hutannya sangat lembab dan penuh tanaman berdurinya.


Jalan pulang melewati sungai yang cukup besar.huufff senang rasanya bisa minum dari air sungai yang bersih ini karena saya haus dan cukup panjang perjalanannya. Dari sungai ini melewati persawahan milik penduduk dan sampailah di desa tetapi harus menyebrangi sungai lagi, rasanya sudah lelah untuk berjalan.


Ketika perjalanan pulang, ada sebuah tempat yang bagus namanya curug gede. Dekat penginapan. Curugnya tidak tinggi tetapi debit air yang dicurahkannya besar jatuh ke atas ceruknya. Kedalamannya sekitar 5 meteran. Beberapa orang memanfaatkan untuk mandi. Ada yang menggunakan ban untuk berenang ke tengah. Untuk sampai mendekati curug , saya berjalan kaki menyusuri sungai yang berbatu. Dan saya merasakan hempasan air dari curug yang dingin. Tidak akan pernah membosankan berjalan-jalan menikmati wisata alam yang disuguhkan dari sebuah tempat yang bernama Baturraden, Banyumas. Begitu banyak potensi alam yang dapat dinikmati tanpa harus merusak yang sudah ada.

Baturraden , 27 Februari 2010

Veronica Setiawati

Thanks to Oim sebagai tour guidenya

No comments:

Post a Comment

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D