Kraukk.com

728 x 90

Thursday, November 18, 2010

Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

Saya belum pernah ke Masjid Kubah Emas, hanya mendengar dari berita. Ketika seorang
teman kantor mengajak saya ke sana, saya pun menyetujuinya. Saya menyusul teman-teman esok pagi, dimana mereka sudah berada di rumah salah seorang teman kantor yang bertempat tinggal di sekitar lokasi Masjid dari semalam. Setelah makan siang, kami berangkat menuju tempat tersebut dengan motor.

Dari pinggir jalan Meruyung Limo Depok , pasti tidak akan mengira kalau ada sebuah masjid yang megah. Karena letaknya agak jauh dari pintu masuk gerbang. Setelah parkir motor, kami berjalan kaki untuk sampai ke lokasi masjid. Jika cuacanya sangat terik lebih baik memakai payung atau topi, karena walaupun terdapat taman yang luas namun sepanjang jalan menuju lokasi masjid tidak terdapat pohon yang rindang.

Dari kejauhan pun , sudah terlihat bentuk bangunan masjid yang berkubahkan emas. Lima tiang menara yang menjulang dengan tiga sekatnya dan disetiap puncak menara berwarna emas. Kubah utama yang besar ditengah berwarna emas dan terdapat empat kubah kecil mengelilinginya. Memukau bagi siapa saja yang memandangnya. Ketika saya dekat dengan lokasi masjid, saya perhatikan banyak pohon sejenis palma atau mungkin itu adalah pohon kurma, saya juga kurang tahu, mengelilingi masjid kubah. Jadi kesannya seperti yang ada di Negara Timur Tengah.

Bangunan masjid ini sungguh mewah dan megah. Lantainya dilapisi keramik. Ukiran yang tampak di setiap dinding luar sangat menarik dari unsur warna yang dipilih. Di pintu masuk untuk pria, atap pintunya berbentuk setengah lingkaran dan bercorak emas. Ketika akan menaiki anak tangga itu sudah menjadi batas suci dan harus melepaskan sandal/sepatu. Kalau di pintu masuk wanita, sama juga batas sucinya ketika akan menaiki anak tangga. Di basement ada penitipan sandal dan dipinjamkan kerudung bagi para wanita yang hendak masuk ke dalam masjid.

Pintu masuk masjid khusus wanita, sama bentuknya dengan yang di bagian pria. Delapan pilar berdiri tegak sebagai tiang menyangga atap yang berlapis warna emas dan atapnya berwarna hijau. Pintu besar berwarna coklat dengan ukiran yang bagus. Tepat di depan pintu ada kotak amal bagi para pengunjung. Tidak diperkenankan untuk berfoto. Di dalam, ruangannya sungguh luas. Beratap warna putih.

Di tengah-tengahnya atau tepat dikubahnya, terdapat gambar langit yang biru dan gumpalan awan yang putih. Jika sholat , serasa doa-doa yang dipanjatkan akan naik ke awan. Selain itu ada lampu Kristal yang besar dan terdapat juga enam tiang penyangga yang besar mengelilingi bagian kubah. Ada juga tulisan-tulisan dalam bahasa Arab, menghiasi dinding masjid . Juga pilar-pilar besar berjejer disisi ruangan kiri dan kanan dalam masjid.

Bagian luar, masih sekitar pelataran masjid, domina warna hitam, coklat ,putih, abu-abu yang sangat sederhana berpadu dengan warna kubah yang emas sungguh menganggumkan mata. Belum lagi pelataran yang luas ditengah – tengahnya. Aneka ukiran marmer yang ada di tengah-tengah pelataran. Saya jadi teringat kisah tentang megahnya Bait Allah. Saya membayangkan Bait Allah itu megah dan luasnya seperti ini. Belum lagi lorong-lorong jalan yang unik , karena tiang-tiang berwarna hitam dan putih serta atap plafon yang elips bentuknya , kemudian lantai keramik yang berwarna krem, membuat suasana yang berbeda.

Dari bagian sebelah kanan masjid, ada sebuah rumah yang sangat besar dengan halaman yang luas serta bangunan lain yang beratap hijau. Lampu-lampu jalan yang ada di sekitar masjid, bentuknya seperti yang ada di sepanjang jalan Malioboro Jogya. Banyanya tanaman hias,menambah sejuk tempat ini seperti berada di daerah puncak. Tidak heran, banyak dari pengunjung masjid ini yang ingin berlama-lama disini. Jika ingin mengabadikan diri dengan berfoto dengan latar belakangnya Masjid Kubah ini , bisa membayar ongkos cetak para juru photonya yang ada disekitar masjid.

Depok, 17 November 2010
Veronica Setiawati
http://g1g1kel1nc1.blogspot.com

Tuk umat muslim : Selamat Hari Raya Idul Adha.

No comments:

Post a Comment

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D