Kraukk.com

728 x 90

Sunday, April 12, 2009

Jelajah kota tua - Gudang Panggung di Batavia

Sabtu 11 April 2009 , Komunitas Jelajah Budaya mengadakan acara jelajah kota tua. Kali ini temanya adalah "Gudang Panggung di Batavia". Starting point di mulai dari Museum Bank Mandiri Jl. Lapangan Stasiun No1 Jakarta kota , yang sebelumnya dilakukan registrasi ulang bagi tiap peserta yang ikut dan diberikan juga roti buaya isi coklat , air mineral, kartu tanda peserta dan voucher sepeda onthel yang nantinya diberikan kepada ojeg sepeda onthel yang akan membawa saya dan teman-teman touring ini berkeliling kota tua. Tour Guide kelompok saya adalah Mas Kartum ( kepala adat komunitas ini ) , saya ada di kelompok Lada bersama 2 orang teman Nana dan Dhyan Savitri. Kelompok lada ini kelompok yang terakhir keberangkatannya alias penutupnya.


Kami mulai diajak jalan berkeliling museum bank mandiri. Ke ruangan meeting besar, melihat lukisan kaca , mata uang jaman dulu dan tiap detail ruangan-ruangan yang ada di museum ini. Sampai akhirnya berada di sisi kanan museum ini , di pelataran parkir museum mandiri. Di situ ada sekelompok tukang ojek sepedaa onthel yang siap membawa kami para peserta keliling kta tua mengitari jalan pintu kecil, kampung tiang bendera, perjalanan menuju gudang hong dan gudang panggung, ke menara syahbandar, menuju jembatan kota intan, dan terakhir berkumpul di taman fatahillah dan berjalan kaki menuju museum bank mandiri untuk santap malam yang sudah disediakan oleh panitia sesuai jadwal acara yang telah ditetapkan.


Agak canggung begitu naik ke atas sepeda ini. Tetapi semuanya begitu menyenangkan ketika sepeda onthel mulai bergerak meninggalkan museum bank mandiri. Menyenangkan , sempatin diri mengabadikan bangunan-bangunan yang menarik sepanjang perjalanan naik onthel ini. Menyusuri jalan pintu kecil bersama lalu lalangnya kendaraan sepeda onthel rombongan ini akhirnya berhenti di jalan Tiang Bendera di depan sebuah rumah. Disini pun masih ada terlihat peninggalan bangunan etnis Tionghoa. Dan tidak jauh dari tempat kami berdiri terdapat bangunan PT. Sinar Antjol yang pada jaman dahulu sangat terkenal dengan produk sabun coleknya merk B29.


Melewati jalan roa malaka melewati lorong jalan tol dan kampung warga menuju sebuah bangunan lain yakni Gedung Hong yang dulunya adalah sebuah pabrik textil. Sekarang kurang jelas bangunan ini dipergunakan untuk apa. Tapi sisa-sisa dari bangunan ini masih jelas terlihat. kemudian, perjalanan sore naik sepeda onthel ini memuju gudang panggung yang terbuat dari kayu.
Bangunan ini dulunya digunakan sebagai gudang penyimpanan rempah - rempah ( seperti pala,lada,cengkeh,dll ) sementara sebelum diangkut ke kapal untuk dijual ke Eropa. Katanya juga gudang ini beralih fungsi sebagai penyimpanan senjata dan amunisi dan perbekalan rumah sakit militer. Juga pernah sebagai asrama polisi. Tetapi kondisinya sekarang tidak terawat dengan baik bahkan disekitar bangunan inipun digunakan sebagai rumah tempat tinggal beberapa orang.


Setelah puas dengan pemandangan yang ada di sekitar gudang panggung ini perjalanan kami lanjutkan ke menara syahbandar. Katanya tour guide kami sebelum ke menara pisa yang ada di itali mampir lah dulu ke sini, karena menara syahbandar inipun juga memiliki kemiringan juga walaupun tidak seperti menara pisa. hehe.. Saya mencoba naik keatas. Memang tidak semua orang harus dibatasi 15 orang. Lumayan juga naik tangganya cape hehe.. tapi menyenangkan.
Hari sudah semakin gelap kami meneruskan perjalanan menuju jembatan kota intan dari sini pemandangan malam semakin cantik dengan lampu-lampu jalanan yang menyala dan tidak jauh dari situpun pesona hotel batavia semakin mempermanis suasana malem. Serasa di negeri lain.

Tetapi perjalanan akan segera berakhir. Kami mulai bergerak menuju taman fatahilah dan di sinilah selesai perjalanan kami bersama para ojeg sepeda onthel ini. Dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju museum bank mandiri untuk santap malam.
Jelajah kota tua memang banyak sekali cerita yang perlu diketahui.

1 comment:

  1. tulisan yang sangat menarik, cukup informatif boleh juga dishare ke blog. jelajahbudaya..he,,he,,biar makin banyak yang baca, BTW kemarin ada dikelompok apa yah?

    salam budaya,
    Kartum setiawan

    ReplyDelete

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D