Kraukk.com

728 x 90

Monday, April 27, 2009

Paseban Tripanca Tunggal Cigugur Jawa Barat

Sewaktu menginap di cigugur kuningan jawa barat, tidak jauh dari situ ada bangunan cagar budaya yang menarik perhatian saya. Bangunannya unik, sebuah rumah yang di ruang atasnya itu dindingnya transparan terbuat dari kaca, pintu-pintunya masih motif tempo dulu dan memanjang bangunannya. Letaknya dipinggir jalan raya cigugur. Namanya paseban Tripanca Tunggal.





Di depan paseban ini ada sebuah tugu. Tugu ini di apit oleh dua buah patung kera yang tangannya memegang dagu menghadap ke arah bagunan paseban ini.. Di tengah-tengah patung kera, ada rupa patung menyerupai mahluk lain seperti raksasa yang menyeramkan berdiri di pintu menghadap ke paseban.


Apa artinya dari tugu ini dan patung-patung pahatan yang ada ditugu inipun saya tidak tau. Mungkin suatu hari kalau saya berkunjung ke sana lagi saya akan tau :) Karena menurut saya paseban ini pasti tempat raja atau kasepuhan.

Diseberang gang rumah paseban ini persis ada sebuah bangunan seperti pura. Menjulang terbagi 3 bagian atapnya. Atapnya terbuat dari ijuk berwarna hitam. Waktu saya mengambil foto ini , bangunan ini terkunci.


Tetapi dari luar saya melihat ada kembang-kembang yang sepertinya pernah digunakan sebagai tempat sesajian. Agak menyeramkan dan sedikit kotor. Di depan Bagunan ini ad sebuah tugu juga tetapi bentuknya memanjang dengan ujungnya berbentuk lancip.

Berwarna merah dan ada tiga lapisan yang berwarna putih. Apa ya artiinya ?? jadi tambah penasaran negh :)

Di sebrang jalan paseban atau di balik punggung patung kera ini , ada bangunan lain lagi yang tidak kalah menariknya. Bagunan lain yang sedang direnovasi. Atap rumahnya ini seperti kubah mesjid. Atap rumahnya dari genterng merah dan bercat putih. Gaya arsiteknya bagus. Masih tempo dulu. Jendela rumah dan pintu-pintunya pun masih terlihat natural. Tidak jauh dari rumah ini ada sebuah saung yang saya kira cukup luas untuk menampung banyak orang. Atau mungkin tempat untuk mendiskusikan sesuatu di sini juga cukup tempatnya dengan orang-orang sekitarnya. Atap saung atau bale - bale kali ya enak disebut, terbuat dari bambu dan kayu. Ukiran-ukiran dipinggirnya yang berwarna coklat juga membuat tempat ini semakin menarik dan nyaman.


** Catatan perjalanan vero waktu ke kuningan jawa barat 31 Mei - 01 juni 2008

bersama lingk st. anna maria sehari setelah dari Gua maria Cisantana - Kuningan

2 comments:

  1. halo lam kenal...
    oh ia di cigugur kan ada kolam ikan...kok gak foto disana ..itukan bagus loh

    ReplyDelete
  2. hai salamkenal juga

    saya tidak sempat ke kolam
    iya sih ada beberapa yangmenceritakan ttng kolam tersebut,, mungkin lain kali akan berkunjung

    terima kasih comentnya
    :D

    ReplyDelete

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D