Kraukk.com

728 x 90

Sunday, February 21, 2010

Tentang perjalanan saya

Waktu kecil saya paling suka ngelayap, pulang sekolah kabur ma temen-temen kadang belajar bersama tetapi 98% adalah main entah kemana. Ya ada undangan tandingan lompat karet di tempat lain, main galasin, atau pergi mengelilingi komplek hanya untuk mencari gambaran atau bungkus permen sebagai uang-uangan. Belum lagi ada undangan dari teman segang bersepeda emm bener-bener sibuk bermain hehe..

Tapi paling saya senangi, kalau diajak jalan ma bapak. ENtah itu naik becak, jalan kaki atau naik bus tingkat duduk di atas yang sumpah buat saya bingung banget dimana supirnya hehehe… trus bisa nonton film india di bioskop hehehe padahal waktu itu bokap lagi ngurusin sebuah masalah , gratis pula hehe… kemudian jalan ke monas dimana dulu itu tempatnya Jakarta fair yang sekarang ini di kemayoran. Trus kemana lagi yaa?? *mikir ga jelas hehe asiik banget , belum lagi waktu TK, ikut perlombaan senam yaahh lupa dimana lagian masih kecil ikutan aja dibawa kemana hehehe…

Sewaktu SD juga sering jalan tapi acara dari sekolah. Seperti ke acara atau lomba pramuka, lalu ke dufan dan gelanggang samudra ANCOL, juga ke kebon raya cibodas puncak. Saya jadi inget ada cerita lucu , kan saya dan seorang teman sudah masuk antrian di komidi putar yang ada di dufan, ternyata kami dicariin sama wali kelas saya yang cantik, namanya ibu yanti, karena tidak boleh lepas dari rombongan.Alhasil , kami berdua yang sudah di tengah-tengah antrian di gendong keluar oleh seorang bapak. Kan dulu belum ada hp seperti sekarang , ternyata ada informasi dari teman yang lain yang melihat kami berdua lari ke arah komidi putar , untungnya kami berdua ditemukan kalau tidak? bagaimana nasib kami berdua jadi anak hilang deh hihihi.. Udah gitu yang bikin malu setelah naik halilintar, ketika sampai dibawah saya muntah-muntah hehehe.. waaahh habis deh saya jadi bahan tertawaan. Karena ketua kelas mereka yang super galak ternyata hehehe…

Waktu SMP kelas 3 kan saya pindah rumah. Sekolah berangkat subuh kayak tukang sayur ngejar waktu supaya ga terlambat uuuhhh setahun itu merupakan perjalanan terberat saya sebagai anak SMP bolak balik cengkareng – kalibata dengan segala suka dukanya. Termasuk hampir berantem dengan loper Koran karena iseng colek pantat ( maap yee ) saya sembarangan dan kenapa musti saya jadi korbannya iiihh sebel,

SMA di cengkareng, kalau ada acara jalan itupun dari sekolahan yang ngadain . Dulu khusus kami yang katolik. Ke jogya , ziarah ke sendang sono. Nginep di kesusteran atau biara yang saya ga tau namanya karena dulu ga kepikiran bawa poto kayak sekarang kalo jalan musti nenteng kamera karena sapa tau dijalan ada hal yang lucu, unik dan bisa narsis sekalian hehehe… sekrang jadi norak banget deh kalau liat kamera serasa kamera face gitu loh hehe.. Saya juga pernah ke air terjun cibereum yang ada di taman nasional gede pangrango. Awalnya tuh saya minta ijin sama bapak cari tempat kuliah ternyata begitu ketemu teman-teman sekolah, malah dibelokan ke Bogor dan terus jalan ke cibodas, hehehe… abis deh uang saku untuk transport dan makan. Ampuun ya pak hihi..

Oh ya saya pernah pergi ke kampung halaman mama dikediri tiap liburan naik kelas. Sampai kecantol cowo desa nan lugu hehehe… ketemuan dengan dia kalau pulang kampung ajah tapi nyenengin banget ga punya pikiran macem-macem karena ketemu paling ngobrol –ngobrol biasa trus di ajak jalan , beramai –ramai siih , mengenal sebuah tempat wisata hutan jati keren banget.. punya potonya tapi entah dimana, udah dibongkar kardus-kardusnya tapi album foto itu tidak ada . Trus saya juga pernah ke waduk selorejo dekat malang, hanya numpang cuci kaki aja. saya sering ke tanah kelahiran mama, karena waktu itu masih banyak teman dan saudara yang sepantaran gw sekrang mereka semua sudah menikah dan ada juga yang bekerja di Malaysia sebagai TKI. Lebaran sekali pulang tetapi kapok karena penuh berjubel. Kan mbah saya lebaran , bude juga lebaran dan dulu waktu kecil saya dan adik-adik berlibur di tempat bude tapi sejak pindah ke menado ga pernah lagi berlebaran ke tempat bude.

Waktu SMA saya ke pulau seribu. Ini karena teman sebangku saya waktu SMA punya kenalan anak pulau. Berangkat jam 6 pagi lewat pintu masuk ancol naik perahu kecil kagak bayar. Tau deh apa yang ditunjukin sama mereka sehingga lolos pemeriksaan. Semasa kuliah juga ga kemana-mana, ga jauh kecuali waktu itu ikut dengan keluarga teman saya ke kuningan. Wah itupun prosedur nya sulit. Bapak minta no telp rumah dan alamat dari teman saya di catat namanya lengkap. Hehehe.. yaah namanya kawatir ama anak perempuannya ya wajar. Kalau ada apa-apa yang repot kan orangtua juga. Ke kuningan jawa barat, saya ziarah ke gua maria cisantana.

Lulus kuliah neh saya udah mulai longgar peraturan dari bapak. Istilahnya seperti janji bapak “kamu udah lulus , bebas deh kamu. Bpk anggap kamu udah bisa bertanggung jawab dengan apa yang kamu lakukan”

Kerja di tempat service center hp merek ternama ternyata tidak punya waktu libur panjang, kecuali hari minggu. Belum lagi jam kerjanya dari jam 11 siang sampai jam 7 malam. Gimana mau dapat pacar coba kalo gitu? Beberapa tahun bekerja disitu , bisa juga tuh pergi ramai-ramai ke kebon raya bogor cewe semua. Pake baju yang u can see seragam warnanya beda-beda. Nakalnya saya pernah coba-coba ngerokok dan sekali-kalinya seumur hidup ke diskotek di daerah mangga besar. Music keras di dalam ruangan yang remang-remang, dipojok ruangan bersofa ada perempuan yang sedang berciuman dengan posisi diatas pangkuan sang prianya. Temen saya wanti-wanti jangan pernah mau terima minuman apapun dari laki-laki manapun yang tidak dikenal. Kami berenam perempuan semua hanya berjoget mengikuti alunan music dan tidak turun bergabung ke lantai. Tapi tidak sampai pagi tengah malam kami pulang naik taxi, karena saya takut dicari orangtua saya.

Tapi lama-lama sadar , gak baik buat saya , pelan-pelan saya kurangi pergaulan saya dengan mereka dan sibukan diri dengan pekerjaan saya saja.

Untungnya tempat kerja saya ini punya acara gathering family setahun sekali jadi lumayan bisa tau tempat-tempat seperti Lido di sukabumi, Sol elite marbela di anyer , hotel grand lembang di lembang.. belum lagi hadiah atau doorprize nya bagus dan ditunggu , HP keluaran terbaru dan makanan yang disediakan eemmmm sedep banget deh… fasilitas hotel dan kolam renang bener-bener menyenangkan dan dimanjakan. Belum lagi makan – makan yang diadakan direstoran seperti istana nelayan , ampun deh bisa gendut perut saya. Belum lagi waktu saya dapat undangan champion dengan beberapa distributor HP bersama boss saya dan beberapa teman supervisor di novotel bogor iiihhh sumpah baru kali itu masuk dan nginep di novotel dingin, dan kasurnya empuk , makakannya enak hihihi,, norak banget yaa …

Kemudian di rumah, ikut kegiatan rutin jalan-jalan ziarah ke gua maria rangkas bitung yang dekat Jakarta di wilyah serang banten. Kemudian bersama para orang muda ke tempat romo yohanes mengikuti misa di lembah karmel dan penyembuhannya. Yaah semua dilakukan karena tugas dan kebiasaan. Atau bersama kelompok dari gereja pergi ke lembang bandung. Kemudian ikut gabung dalam satu komunitas milis single katolik dan berkenalan dengan banyak orang muda. Ada seorang teman namanya Agus, mengajak saya ikut kegiatan orang muda dari gereja santo yohanes penginjil blok B Jakarta selatan. Acaranya ziarah ke gua maria ambarawa dan mendaki ke lawu. Di acara briefing saya dan agus bertemu muka hehehe.. karena selama berkenalan hanya lewat email dan telepon.

Pertama kalinya naik gunung lawu tidak tau persiapan yang penting ikutin aja waktu dikasih tau di briefing. Mulai minta cuti dari pekerjaan. Bilang ke bapak tidak naik gunung hanya jalan-jalan aja tapi nekat alhasil belum sampai puncak sudah kehabisan napas. Dalam perjalanan di gunung lawu yang saya sukai bisa lihat bintang yang sangat banyak seperti pasir dilempar ke angkasa. Ngerasain cuaca dingin, teman yang baik-baik padahal perlengkapan saya minim dan banyak ngerepotin kelompok saya. Dan yang lebih menyenangkan turun gunung dapat pacar loh hihihihi… hanya sayang hubungan kami tidak berakhir dengan baik ternyata empat tahun gw ditinggal kawin huhuhuhu… kejamnya cinta hiks.hiks.. tapi gak masalah nanti pasti ada cinta yang lain begitu turun gunung haiiiyyayaaa :p

Emm tapi bagaimanapun saya mengucapkan terima kasih juga sih selama bersamanya banyak tempat yang kami kunjungi . banyak tempat yang tidak saya kenali dan saya tau sebelumnya seperti sawangan depok, TIM, monas, pantai ancol , cisaat , salabintana, ragunan, kampung babakan ,taman mini,taman safari, waah keliling Jakarta-bogor dan sukabumi . setidaknya sedikit membuka mata saya yang banyak rabunnya ini hehehe…

Setelah itu bapak meninggal, saya dan adik saya pergi ke Timor. Mama, adik saya yang perempuan dan bapak saya yang sudah sepuluh hari berlibur dikampung kelahiran bapak saya di Timor. Ini adalah pertama kali juga buat saya naik pesawat dan perjalanan kesedihan saya karena kehilangan orang tua. Pertama kalinya melihat tanah kelahiran bapak saya dan bertemu dengan saudara-saudara bapak yang selama ini saya bertemu mereka lewat foto-foto dan surat-surat yang berlembar-lembar seperti kertas Koran. Semoga Tuhan sudi memberikan saya umur panjang dan kesempatan untuk pulang menjenguk tanah kelahiran bapak saya dan mampir ke makamnya.

Kemudian saya pindah kerja. Ternyata sabtu tidak libur menyedihkan sekali melihat teman-teman saya berencana libur ke mana-mana , saya malah masih sibuk dengan pekerjaan. Setelah setahun , pertama kali cuti , saya ke gua maria kuningan cisantana. Menyenangkan bisa cuti walaupun satu hari di hari sabtu tetapi cukuplah buat saya. Lalu cuti ke dua sewaktu ada acara ulang tahun natrekk yang ke empat di capolaga. Nah disini saya mengajak lilies dan nana , dua orang teman saya dari tempat pekerjaan dulu. Satu tenda dengan hanum dan ketawa cekakan bertemu dengan teman-teman baru, cobain flying fox , jalan-jalan ke kebon teh. Kenalan pertama kali dengan yang namanya natrekk ( nature trekker ) sebuah komunitas yang selama ini hanya bisa saya pantengin milisnya tanpa saya bisa ikuti tiap acaranya karena terbentur pekerjaan.

Ada juga saya pergi ke museum fatahillah Jakarta setelah pulang dari belanja souvenir untuk pernikahan teman saya itupun hari minggu , atau janjian sama nana di taman anggrek pulang kerja hari sabtu , atau dengan teman-teman saya sekedar curhat di blok m atau dimana tempat sesuai dengan janjian, yaahh beginilah yang dilakukan para jomblo.

Saya juga pernah ke gelora senayan hanya ingin nonton ulang tahun RCTI yang ke 19 bersama lilies yang baru saja pulang nonton pertunjukan music ultah SCTV di senayan juga. Awalnya kami duduk di tempat yang paling atas A2 kemudian turun ke panggung festival berlompatan dengan para penonton lain yang berdiri dekat panggung. Lumayan sih dapat foto rossa, duo maya, changcuters, afgan, para indonesi a idol, oky lukman, raffi akhmad, luna maya, parto dll dalam acara shymponi cinta live loh wah seru banget tuh acara. Mungkin suatu saat saya akan menceritakan kembali suasana malam itu, acara sampai jam 1 pagi padahal besok kerja dan pulang minta di jemput adek saya yang laki di grogol hehehe…

Kemudian pas lebaran 2008, saya dan keluarga jalan-jalan ke taman safari Indonesia. Berangkat sudah siang sekitar jam 12. Perjalanan lancar tetapi begitu memasuki puncak macet total. Ketika selesai dari berkeliling melihat satwa-satwa yang dilepas berkeliaran dijalan, kami menuju tempat parkir ternyata penuh . makan malamlah kami di sebuah tempat dekat parkiran mobil mana penerangannya kurang.

Nah, thn 2009 saya mulai ikut jalan-jalan setahun full tiap bulan pasti ada event saya, Januari saya ke tamanbuah mekarsari yang ada di cileungsi, kemudian ikutan jalan bareng WABI ke ciptagelar hehehe..sumpah deh ini pertama kali tracking dengan medan yang berat dan bersumpah tidak ikutan lagi ternyata bulan berikutnya daftar lagi ke kampung naga dan gn galunggung tasikmalaya. Haiiiyyyaaa sudah mulai tumbuh benih cinta didalam hati saya terhadap jalan-jalan . oh ya saya juga ikut acara dari komunitas jelajah budaya waktu jelajah kota tua waktu cap gomeh pakai baju merah peserta itu pertama kalinya saya bergabung dan mulai rutin pada setiap event yang diadakan KJB.

Bulan maret adek saya masuk rumah sakit karena demam berdarah perjalanan terhenti tetapi bulan berikutnya saya jalan lagi ikutan acara dari KJB melihat gudang panggung sebuah tempat yang zaman VOC dulu dipakai sebagai tempat rempah-rempah. Melihat jembatan kota intan , hotel Batavia , menara syahbandar semua itu dilakukan dengan naik sepeda onthel waah seruu… Bulan Mei saya ikut ipan yang saya kenal dari WABI, naik ke gunung gede pangrango bersama teman-temannya di kosapala cengkareng waagh dekat rumah langsung saya iyakan. Nah dari pendakian ini saya kenal neo, bendot, kiwir, bang aep, mba ending , gatot yang ternyata temannya japro, dan banyak lagi. Sebelum naik gunung gede, saya bersama temen-temen dari natrekk ke jogja rafting disungai elo, susur goa cereme dan candi boko tempat yang bagus untuk melihat sunset.

Bulan juninya ke gede lagi ,kali ini bersama WABI dan beberapa teman. Nana dan lilies ikut. Tapi untuk kali ini saya tidak ke puncak hanya nana dan beberapa teman yang sampai puncak. Nah disini saya dan lilies merencanakan ke jogja . awalnya hanya iseng pingin jalan-jalan ke sana akhirnya tercapai di bulan Juli. Bersama pinok, kiwir , resty , lilies membawa raka keponakannya menginap di tempatnya gatot. Di jogja kami berkeliling berjalan kaki, nonton pertunjukan festval gamelan di taman budaya, naik bus trans busway seperti yg ada di Jakarta ke plaza ambarukmo, ke kaliadem mampir ke tempat mbah marijan ngobrol sebentar dengan beliau, ke rumah saudaranya lilies dan pakai acara nyasar hehehe.. belanja di malioboro, lesehan di dekat stasiun tugu malem-malem, makam malem di wijilan sambil mengadakan permainan yang sederhana tetapi mengasah otak , trus lanjut tengah malem bermain di beringin kembar , foto bersama waah bener-bener ga ada matinya. Termasuk bikin repot tuan rumahnya dan sempat-sempatnya di isengin kami semua hehehe.. maap ya gatot kami ini tamu yang kurang ajar yaaa hehehehe..

Pas agustus bulan ulang tahun saya dan besoknya kalau ga salah mulai puasa hehehe.. makan di warung bakso yang ada dirawa buaya bersama beberapa teman kosapala. Baksonya guede banget sebesar kepala bayi. Eemm lihat aja mungkin sudah kenyang tapi dijamin puas karena isinya itu daging sapi cincang dan tengahnya ada telor. Mantap deh kapan-kapan kita coba yaa… oh ya sebelumnya saya juga pergi ke bandung dan ke kuningan jawa barat menemui teman lama saya, teman kuliah. Disana saya melihat pertunjukan pawai 17 agustusan dari beberapa sekolah yang ada dikuningan , seru banget. Pulangnya naik kereta dari Cirebon tapi keretanya telah jam 8 baru tiba di stasiun Cirebon dan sampai gambir tengah malam.. jalan kaki dari gambir cari taxi untung ga kenapa-kenapa pulang malam mana sendirian pula dan diantar selamat sampai rumah.

Bulan September bersama KJB jalan lagi ke pekojan. Mengunjungi beberapa mesjid tua yang ada di sekitar sana. Ada makan malam sekalian buka puasa bersama , nikmatin kolak dan saat yang lain sudah pulang saya, murti, didi, dian purnama, japro, dhyan , ade dan mas kartum menyempatkan diri berfoto bersama hehehe.. maksudnya bernarsis ria… dibulan yang sama juga pas libur lebaran, saya dan beberapa teman kantor yakni katrin , tata dan Irma. Tata mengajak beberapa temannya lagi pergi ke dufan. Dengan fotocopyan lembaran potongan harga tiket masuk dufan. Ceria liburan yang kami bayangkan mendadak buyar karena begitu banyaknya pengunjung. Beberapa arena permainan saja yang kami masuki yang lainnya terlalu panjang antrean.

Bulan oktober adalah bulan backpacker saya, ida dan hanya ke ciwidey serta permulaan dari peraturan dari kantor saya khusus yang balaraja kalau hari sabtu libur hiyiii senangnya hati. Rencana backpacker yang benar dadakan persiapannya. Kami hanya berkomunikasi lewat facebook dan tukar informasi lewat telpon dan inbok facebook. Sebelumnya kami bertiga pernah trip bareng waktu event KJB bulan mei yang ke pasar baru. DI ciwidey perjalanan kami dengan menggunakan bus umum melewati kota bandung yang macet. Menginap di tempat penduduk , jalan kaki ke ranca upas dan ke kawah putih, menikmati langit yang penuh bintang di ciwidey trus lanjut ke situ patengan. Jujur ini adalah trip yang mengesankan buat saya dan mulai dari sini saya mencoba untuk melakukan perjalanan ala backpacker seperti ini. karena lebih kena ke saya dan lebih banyak yang bisa saya amati dari perjalanan semacam ini.

Dibulan oktober juga tepatnya awal bulan, saya bersama teman-teman yang tergabung dari penulis pengelana pergi ke pulau tidung. Berangkat dari pelabuhan muara angke naik kapal motor menyebrangi laut ke sebuah pulau ada ada di jajaran pulau seribu. Tempatnya sungguh indah lautnya landai berwarna biru kehijauan bisa buat snorkeling ataupun bisa dilihat dengan mata telanjang karena beningnya air. Sunset yang indah walaupun tertutup awan yang sedikit mendung. Bersepeda mengelilingi pulau tersebut kemudian menyusuri pinggir pantainya. Semakin menambah pertemanan dan pengetahuan akan sebuah tempat yang belum pernah saya kunjungi , bahkan kepikiran sama sekali.

November , bersama vidyakara ke baduy luar. Waktu itu pesertanya tidak banyak sekitar 20 orang kurang lebihnya. Perkampungan baduy inilah pertama kalinya saya menginjakan kaki. Menyenangkan buat saya. Melihat secara langsung perkampungan yang terbakar tetapi sewaktu kami berkunjung ke sana sudah terlihat sudah mulai membangun kembali rumah-rumahnya. Hujan deras dan jalan yang licin yang membuat saya beberapa kali jatuh di tanah berlumpur mengiringi langkah saya sampai ke tempat penginapannya. Perjalanan hanya sampai jembatan bambu karena begitu melewati leuwit atau lumbung padi yang ada di situ berarti sudah memasuki perkampungan baduy dalam.

Diakhir bulan November sewaktu liburan idul adha, saya bersama belantara ke gunung sindoro. Awalnya saya tidak tertarik hanya karena janji mau kasih oleh-oleh berupa selendang dari Timor kepada Margoe Leo maka saya ikut ke sindoro. Mohon-mohon sama teman-teman saya yang dikosapala supaya temani saya ke sindoro karena saya belum pernah ke sana, akhirnya kiwir yang bersedia menemani saya. Persiapan saya lakukan sebulan. Tanya-tanya ke yang punya acara yakni margoe sampai pada harinya tiba saya dan kiwir yang tiba duluan di basecamp sindoro dan di sana sudah ada beberapa teman dari belantara yang menunggu lama. Mereka memutuskan untuk duluan dan menunggu diantara pos 2 dan 3. Jalan menuju puncak sindoro awalnya melewati ladang –ladang dan tumpukan pupuk kandang yang baunya membuat saya mual. Kemudian perjalanannya makin lama makin berat karena hujan dan track yang dilalui banyak batu besar , licin dan curam. Tapi begitu paginya saya tidak ikut ke puncak. Sedikit nyesel tapi mungkin lain waktu kalau kondisi badan saya fit tetapi yang penting janji saya sudah dipenuhi hehehe…

Bulan desember, diawali dengan jalan piknik dengan teman-teman sekantor ke air terjun cibereum cibodas puncak. Awalnya hanya ingin touring tetapi dapat masukan kanan kiri karena alasan hujan akhirnya memakai mobil. Menginap di daerah ciloto puncak dengan dana dari sponsor lumyan bisa jalan-jalan gratis hehehe.. berfoto ria di megamendung menikmati udara sore sehabis hujan sambil menunggu teman-teman yang lainnya. Ke kebon teh yang ada diseberang megamendung sampai menjelang magrib dan cuaca dingin menyelimuti malam. Kemudian makan malam di restoran padang, salah masuk ke tempat ajib-ajib hehehe… akhirnya turun makan jagung bakar . Benar-benar kangen dengan semua itu.

Pertengahan desember , saya dan ida ke bogor ke sebuah tempat peninggalan sejarah kerajaan tarumanegara. Sebuah prasasti batu tulis peninggalan raja Purnawarman. Menarik sekali perjalanan menuju tempat itu saja menggunakan jasa ojeg. Sebuah desa namanya Ciaruteun tetapi menyimpan peninggalan sejarah. Kemudian mampir ke sebuah bukit yang tebingnya ternyata digunakan sebagai penambangan kapur. Dan terakhir perjalanan saya di tutup ke Kediri, tepatnya ke gua maria loudres Kediri. tempat yang menarik juga, karena sendirian ke sana minim informasi hanya bertanya dengan orang-orang di sana termasuk tukang ojeg bisa juga sampai. Bertemu dengan mama saya yang memang sudah berada di Kediri lebih awal namun kami janjian bertemu ditempat ini.

Itulah sejarah singkat , jalan-jalan saya … dari saya kecil sampai sekarang ini…