Kraukk.com

728 x 90

Friday, April 30, 2010

Jelajah Kota Tua di Bogor ( with Komunitas Jelajah Budaya ) - Part II

*Rute : Gereja Zebaoth , kebon raya bogor , kelenteng dan stasiun bogor*

Hari semakin siang, perjalanan dilanjutkan menuju sebuah gereja protestan dari Bakorwil. Kami menyebrangi jalan juanda lalu berjalan kaki disepanjang trotoar sambil melihat keindahan istana bogor dengan halamannya yang luas serta rusa-rusa tutulnya. Ada rusa yang menempel pada pagar pembatas. Lucu sekali rusanya, kulit warnanya coklat berbintik putih dan jinak. Setelah berpanas-panasan di jalan , sampailah di gereja ayam atau Gereja Zebaoth. Kami diterima oleh salah satu penatua gereja Zebaoth yakni Bapak Feri. Kayaknya sih saya lebih pantas menyebutnya Opa hehe.. logatnya seperti orang timur. Beliau menjamu kami dengan makan dan minum serta sedikit menjelaskan tentang gereja zebaoth.


Sebelum adanya gereja zebaoth dan katedral, awal mulanya umat Kristen protestan dan katolik di kota Buitenzorg atau bogor mengadakan ibadat oukumene di sebuah tempat yang sekarang menjadi kantor pos. Lokasinya persis disebelah pintu masuk II kebun raya bogor. Gereja Zebaoth sendiri didirikan pada tahun 1950. Zebaoth sendiri mempunyai arti “bala tentara”. Bangunan gerejanya didominasi warna coklat tua dan serupa dengan gereja Pniel /gereja ayam yang ada di pasar baru.


Kenapa dinamakan ayam? Karena selain dipuncak menara gereja ada symbol ayam jago ternyata juga dimaksudkan agar setiap umat diharapkan tetap sadar dan tetap setia kepada Tuhan. Dahulunya gereja ini memakai bahasa belanda di dalam kebaktiannya. Oleh sebab itu gereja ayam ini juga disebut gereja belanda. Kemudian pada tahun 1963 tidak lagi memakai bahasa belanda sesuai keputusan dari pimpinan pusat GPIB ( Gereja Protestan Indonesi bagian Barat ). Dan menurut bapal feri setelah kemerdekaan, seluruh bangunan gereja protestan diserahkan dan dibawah pengawasan GPIB pusat.


Interior di dalam gereja juga pun serupa dengan gereja pniel. Atap gereja yang tinggi terbuat dari kayu dan melengkung, ada balkon yang digunakan sebagai tempat paduan suara, bangku-bangku umat yang tebuat dari kayu, podium dengan salib besar di atasnya. Namun tidak ada gambar ayam seperti yang ada pada gereja pniel Jakarta. Kalau di gereja zebaoth jendela kacanya dari nako dan memanjang. Menurut pak feri lagi, bagian luar bangunan telah direnovasi atas prakarsa dari bapak Radius Suprawiro mantan menteri Negara. Umatnya terdiri atas 1500 kepala keluarga dan mempunyai jadwal kebaktian setiap hari minggu pkl 06.00 , 09.00 , 16.30 dan 19.00 .


Akhirnya perjalanan memasuki kebon raya bogor. Tiket masuknya 9.500 per orang, namun peserta tidak usah membayar lagi hanya tinggal menunjukkan ID peserta kepada panitia dan penjaga karcis pintu II yang jalan masuknya hanya cukup dilewati satu orang. Setelah pintu masuk ada sebuah peta yang membantu pengujung di kebon raya. Dari pintu masuk atau peta yang dipajang di pinggir jalan itu, kami belok ke kiri melewati hutan bamboo. Ada sebuah informasi mengenai batang bambu yang dipasang di pinggir jalan. Kemudian melewati jalan setapak yang ada pohon besarnya , baru sampailah di sebuah lokasi pemakaman belanda.

Masih tampak beberapa batu nisan yang besar -besar , ada beberapa tulisan nama dan relief, namun sudah banyak yang berlumut juga terkesan menyeramkan. Dari sebuah informasi yang di pasang di depan makam, menyebutkan bahwa pemakaman ini sudah ada sebelum kebon raya didirikan thn 1817. Didalamnya terdapat 42 makam , 38 diantaranya dikenal sisanya tidak dikenal. Kebanyakan yang dimakamkan adalah masih kerabat dekat dari gubernur jendral Hindia Belanda.


Dari pemakaman perjalanan dilanjutkan melewati sebuah jalan yang kecil dikelilingi hutan bambu sampai menemukan jalan yang membawa kami ke tepi danau untuk melihat kemegahan Istana Bogor dari kejauhan. Karena hanya pada hari senin - jum’at saja diperkenankan masuk ke dalam jadi kami hanya menikmatinya dari seberang danau saja. Istana Bogor bentuknya seperti istana Negara yang ada dijakarta ciri khasnya tiang-tiang besar seperti yang ada di kantor balaikota. Namun di atap istana bogor terlihat ada sebuah kubah seperti yang ada di museum sejarah fatahillah. Kompleks Istana bogor pun dikelilingi halaman yang luas berwarna hijau. Tak jauh dari tempat kami , terdapat sebuah prasasti dari gubernur jendral yang mendirikan kebon raya bogor. Pengujung kebon raya kebanyakan adalah keluarga yang sedang menghabiskan waktu dengan berpiknik.


Setelah berpoto berdasarkan kelompoknya, perjalanan dilanjutkan menuju museum zoology. Museum zoology letaknya sebelah kiri dari pintu gerbang utama kebon raya bogor . Begitu kaki melangkah memasuki jalan menuju museum , disebelah kiri ada sebuah bangunan kaca yang menjual bibit - bibit tanaman, ada juga pohon yang rindang dan halaman yang sangat luas. Kami berjalan terus sampai menemukan sebuah bangunan tua yang bernama Treub Laboratorium , lalu belok kiri atau ikuti arah tanda jalan yang ada di pertigaan menuju museum. Beberapa meter dari penunjuk arah jalan , sudah terlihat museum zoology.


Hari sudah siang ketika saya dan teman-teman peserta jelajah kota tua sampai di museum zoology. Waktunya untuk makan siang. Ternyata makan siang sudah tersedia di halaman gedung bidang mikrobiologi yang menghadap jalan raya. Dua tempat hidangan yang disediakan oleh panitia untuk makan siang kami dengan menu yang sama. Menu makan siang kami adalah nasi , sayur asem, ikan mujair , tempe goreng, urap , lalapan dan sambel serta beberapa tandan pisang yang digantung pada sebuah kayu. Hmm menu yang menyegarkan buat saya dan menarik seperti suasana pedesaan walaupun hanya beralaskan terpal diatas rumput..


Setelah kenyang dengan makan siang, saya masuk ke dalam museum zoology. Disebelah kiri pintu masuk terdapat denah dari beberapa ruangan yang terdapat dalam museum. Begitu didalam yang terlihat pertama adalah sebuah kerangka hewan yang dipajang menghadap pintu masuk. Ke sebalah kiri akan memasuki ruangan aneka satwa unggas dan burung. Kalau ke sebelah kanan adalah ruangan aneka satwa primata , hewan pengerat , serta ada seekor badak yang ada dalam kaca. Upps saya kaget begitu melihat melihat ke atas dari pintu ruangan ini, banyak sekali kepala hewan yang di pajang di dinding, ada kepala rusa, gajah, badak entah hewan apalagi. Keluar dari ruangan mamalia, ke ruangan di sebelah kanannya saya memasuki sebuah ruangan yang memajang berbagai jenis ular, ikan-ikan, penyu, dan ada juga kepiting raksasa. Ada juga ruangan yang isinya memajang kupu-kupu, kerang, dan aneka hewan moluska dan ikan-ikan laut yang ada di Indonesia. Lengkap sekali.


Keluar dari museum pun akan melihat sebuah kerangka dari ikan paus biru yang pernah terdampar di Priangan Selatan pada tahun 1916 yang panjangnya adalah 27.25 meter dengan berat sekitar 119.000kg dan bobot kerangka 64.000kg.. woow luar biasa! Dikerangka ekor ikan paus biru terdapat informasi dan penjelasan tentang ikan mamalia yang lain seperti lumba-lumba, pesut ,dsbnya. Museum zoology buka setiap hari dari pkl 08.00 - 17.00 sedangkan jumat tutup dari jam 11.00 - 13.00


Setelah dari museum perjalanan jelajah kota tua di kota bogor akan berakhir di sebuah kelenteng tertua di kota bogor. Namun ada beberapa peserta yang tidak melanjutkan perjalanan. Mereka memilih pulang lebih awal. Saya dan teman-teman yang masih ada melanjutkan perjalanan menuju pintu gerbang utama atau pintu masuk I kebon raya bogor. Kami keluar dari pintu I. Pintu gerbangnya masih terlihat sama seperti pada waktu pertama kali didirikan seperti slide poto yang ditampilkan Bpk Natshar sewaktu menjelaskan kebun raya bogor di hotel salak the heritage. Gerbangnya berwarna putih, ditengahnya ada patung manusia namun berwajah gajah dan bertangan empat seperti dewa wisnu. Di atas masing-masing gerbangnya yang seperti nisan belanda, ada benda bentuknya seperti piala. Di tengah - tengah gerbang tertulis "Pintu Kebun Raya Bogor - Pintu 1."


Dari kebon raya bogor, kami menyebrangi jalan suryakencan lewat pasar yang ramai. Persis disebelah gedung robinson ada sebuah kelenteng yang dari pintu gerbangnya tertulis vihara Dhanagun. Pkl setengah tiga sore kami tiba disini. Begitu masuk disebelah kiri ada lukisan atau relief pada tembok tentang seorang guru dan ketiga muridnya yang mencari kitab suci yang lebih dikenal dalam cerita Kera Sakti. Jika diperhatikan, padai atap pintu masuk ke kelenteng bahkan disetiap keleteng yang pernah saya datangi pasti ada sepasang naga yang saling berhadapan dan ditengah-tengah naga itu ada sebuah benda yang kecil dan dilingkari seperti gambaran cahaya matahari.

Di sini saya baru mengetahui bahwa itu maksudnya adalah dua naga itu menjaga mustika supaya terciptanya suatu kedamaian, karena diharapkan adanya damai dimuka bumi ini. Replika atau ukiran symbol dua naga yang menjaga mustika ini juga terdapat pada altar persembahan yang berada dipintu masuk kelenteng yang berwarna coklat.


Perjalanan berakhir dengan belanja. Setelah itu kembali menuju stasiun bogor. Pedagang cinderamata memang banyak disepanjang jalan. Namun saya dan lainnya memilih ke stasiun bogor saja dengan berjalan kaki. Sore hari yang cerah juga terik membuat pemandangan gunung salak terlihat jelas dan sangat cantik. Namun sayang battery camera saya sudah habis jadinya tidak bisa mengabadikannya. Terus terang pegel banget jalan kaki mengelilingi kota bogor. Kami melewati gereja cathedral juga taman kopi. Kami sempatkan diri berpoto di depan katedral yang sudah sepi dari parkiran mobil. Sayang sekali tidak bisa masuk kedalam. Sampai di stasiun bogor , kami dibagikan tiket kereta AC Ekonomi untuk perjalanan pulang.


Berakhirlah perjalanan jelajah kota tua di stasiun kota walaupun beberapa teman sudah turun dibeberapa stasiun sebelum stasiun kota. Lelah sekaligus menyenangkan ke bogor kali ini, setidaknya dari perjalanan sejarah ini , saya sedikit banyak mengetahui ternyata masih ada tempat yang menarik dari kota bogor yang tidak saya ketahui.

Bogor , 25 April 2010
Veronica Setiawati
Http://g1g1kel1nc1.blogspot.com

1 comment:

  1. Terima kasih atas tulisannya.. sangat brmanfaat bagi saya.. menerangkan pikiran.. ternyata dekade kemanusiaan dibentuk dengan waktu yang panjang.. dan bogor adalah peradaban lingkungan.
    sekali lagi terima kasih mbak..

    ReplyDelete

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D