Kraukk.com

728 x 90

Sunday, April 18, 2010

kota toea : *Jembatan Kota Intan*


Jika sedang berjalan-jalan ke kota tua ,mampirlah sejenak ke jembatan kota intan. Pintu masuk dan keluarnya hanya ada satu , yakni dari arah sepanjang trotoar di jalan kali besar yang letaknya tidak jauh dari The Batavia Hotel. Sebelum sampai ke atas jembatan , akan menaiki beberapa anak tangga. Jembatan yang terbuat dari kayu dan berwarna coklat kemerahan sangat unik dan menarik untuk dikunjungi.


Berdiri tepat ditengah-tengah jembatan yang agak terjungkit , serta dua tiang penyangga dengan tali-tali besi yang besar yang mungkin gunanya untuk mengangkat jembatan tersebut jika ada kapal yang melintasi. Sehingga Jembatan Kota Intan ini sering juga disebut sebagai “Jembatan Jungkit”. Tetapi oleh penduduk sekitarnya disebut juga sebagai Jembatan Pasar Ayam, karena lokasinya yang berdekatan dengan pasar ayam.


Konon nama Jembatan Kota Intan , awalnya disesuaikan dengan nama lokasi setempat yakni karena dekat dengan salah satu bastion Kastil Batavia yang bernama Bastion Diamont ( intan ) yang sering-sering disebut sebagai kota intan. Bahkan sebelum dinamai jembatan kota intan , pernah mengalami beberapa kali penggantian nama dan beberapa kali perbaikan atau renovasi. Nama yang pernah diberikan kepada jembatan ini antara lain adalah Jembatan Pusat atau “Het middlepunt Brug” , kemudian berganti menjadi Ophalsbrug Juliana atau Jembatan Juliana dan akhirnya setelah kemerdekaan dirubah namanya menjadi “Jembatan Kota Intan” sampai sekarang ini.


Dapat dibayangkan lalu lintas yang melewati kali besar pada masa itu. Kali yang dipakai sebagai sarana transportasi kapal-kapal yang membawa hasil rempah-rempah atau hasil dagangan dari gudang atau yang akan dijual dipasar. Kapal-kapal tersebut melintasi kali besar yang ada dibawah jembatan ini. Saya pun ikut membayangkan suasananya yang sangat ramai pada masa itu. Namun, sekarang ini jembatan kota intan telah menjadi salah satu peninggalan sejarah dari kota Jakarta. Pada malam hari , jembatan kota intan juga terlihat indah karena lampu-lampu yang menerangi disekitar kali besar.

Jakarta , 10 April 2010
veronica setiawati

No comments:

Post a Comment

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D