Kraukk.com

728 x 90

Thursday, May 27, 2010

Pesona Kampoeng Awan Yang Tersembunyi

Pertama kali mendengar nama kampoeng awan sungguh terdengar asing di telinga saya. Namun begitu tiba di tempat ini semua rasa penasaran saya terjawab. Tempat yang sejuk serta dengan leluasa mata ini dapat melihat megahnya gunung salak seperti lukisan alam yang indah berdiri tegak di hadapan saya.

Kampoeng awan awal mulanya merupakan sebuah tempat peristirahatan sebuah keluarga. Karena sang suami pemilik villa ini mendambakan sebuah tempat dengan suasana pedesaan maka didirikanlah tempat ini. Namun lambat laun disediakan juga bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana alam dengan cara berkemah juga tersedia di sini. Alat-alat serta fasilitas yang mendukung berkemah pun juga disediakan. Tidak seperti berkemah biasa, pelayanan yang diberikan pun secara istimewa seperti menginap di hotel bintang lima. Oleh sebab itu tempat ini dapat juga digunakan sebagai tempat untuk family gathering.

Saya sungguh terpesona dan kagum begitu memasuki villanya yang didominasi warna coklat tua. Sejuk dan nyaman sekali villa berlantai dua ini yang sebagian besar bahan bangunannya memakai kayu. Lantai atas merupakan ruang keluarga serta kamar sang pemilik vila. Diceritakan juga oleh sang pemilik villa bahwa mereka dapat memegang awan. Bagaimana awan-awan itu berarak masuk ke dalam dan memenuhi ruangan diatas. Selain itu pun pada malam hari, bisa melihat keindahan lampu-lampu kota bogor dan puncak yang seperti berlian. Begitu juga ketika merayakan malam pergantian tahun baru , tanpa perlu memasang kembang api pun akan melihat letusan-letusan kembang api dari berbagai arah sehingga menambah semarak dan indahnya malam.

Halamannya pun sangat luas.Beberapa tempat dapat dijadikan sebagai lokasi camping ground. Setiap lokasi yang ada di kampung awan pasti ada namanya. Seperti nama Awi Koneng , Camp Kaktus , Balong , camp jamaika , camp sungkai dan lain sebagainya. Ada tiga bagian tangga untuk sampai ke villa tetapi tiap bagian terdapat halaman yang luas dan hijau. Beberapa tanaman dan kebun bunga menghiasi halamannya. Berlama-lama di sini membuat saya betah terutama karena pemandangan di gunung salak yang ada dihadapan villa serta pesona kota bogor yang memanjakan mata saya.

Tidak jauh dari halaman ke dua yang terdapat kolam , terdapat sebuah rumah pohon. Terdapat sembilan buah anak tangga dan jarak antara anak tangga sebagai pijakan kaki agak jauh. Rumah pohon ini sepertinya digunakan untuk permainan flying fox karena ada sebuah tali besi yang terpasang memanjang sampai pada sebuah pohon cemara diluar pintu gerbang kecil yang terbuat dari kayu.

Dari vila ini pun , saya juga menyaksikan indahnya langit saat matahari terbenam dibalik gunung salak. Indahnya warna langit berubah ketika matahari telah terbenam kemudian secara perlahan muncul keindahan yang lain yakni lampu-lampu kota dibawah sana yang mulai menyala berkelap kelip seperti melihat sejuta bintang. Keindahan yang sangat langka buat saya.

Menjelang pagi saat matahari hendak menampakan dirinya. Menyusuri hutan pinus dan sampailah pada sebuah tempat yang luas yang berhadapan langsung dengan gunung gede pangrango. Melihat indahnya pengunungan tersebut membuat hati saya rindu untuk mendaki gunung tersebut. Gunung gede pangrango yang terbentang luas dan tertutup kabut itu terlihat dalam pandangan saya seperti sebuah Candi Borobudur yang megah. Cahaya matahari pagi pun perlahan mulai muncul dari balik bukit hutan pinus.


Disekitar lokasi kampung awan , terdapat sebuah perkebunan jamur. Sebuah rumah sederhana yang terbuat dari gedek bambu dijadikan sebagai tempat perkebunan jamur kuping yang berwarna putih kelopaknya. Di dalam ruangan yang lembab, terdapat rak-rak yang terbuat dari bambu dimana tiap rak di isi dengan bongkahan kayu yang terbungkus plastic digunakan untuk budidaya jamur.

Di antara bongkahan kayu yang tersusun rapi tersembul beberapa buah jamur. Setiap hari dapat saja panen jamur. Hasil panenan dikumpulkan dan dijual di pasar. Hasil panenan jamur dikumpulkan kemudian dimasukan masing-masing ke dalam sebuha plastic besar yang bisa mencapai 20 kg dan dihargai Rp 50.000 ,-

Beberapa kilometer dari kampung awan, terdapat lahan model untuk perkebunan organik, dengan ketinggiannya sekitar 760 mdpl. Aneka rupa tanaman yang ada seperti buah-buahan, sayuran dan juga hasil hutan. Metode yang digunakan pun secara organik tanpa menggunakan pupuk kimia melainkan memakai kotoran kambing serta. penanamannya pun dilakukan dengan cara tumpang sari dengan palawija atau biji-bijian. Usaha perkebunan yang dirintis sejak tahun 2002 dibangun atas swadaya sendiri ini sebagai langkah nyata penghijauan hutan dan penghasilan bagi petani di sekitarnya.

Tempat yang menarik buat saya adalah air terjun. Yups tentu saja ada sebuah lokasi air terjun bernama curug panjang. Bentuknya memang memanjang seperti rambut yang terurai. Kedalaman ceruknya sekitar 7 meter. Di dekat sebuah toilet ada dua buah kincir air yang masih berfungsi. Sebenarnya ada tiga namun yang satu sudah rusak. Di atas sungai yang batu-batuannya sangat besar itu ada dua buah tali yang digunakan untuk flying fox. Rupanya permainan ini melewati sungai yang alirannya cukup deras ini dan cukup berbahaya tetapi pengelola nampaknya sudah menyiapakan berbagai alat safety bagi para pengujung. Di atas lokasi air terjun terdapat camping ground, mesjid dan kantor pengelola. Jarak tempuh menuju air terjun dari pintu masuk juga tidak terlalu jauh tetapi hendaklah hati-hati karena cukup licin dan berbatu apalagi ketika hujan.

|Veronica Setiawati|
megamendung, 22 - 23 Mei 2010
http://g1g1kel1nc1.blogspot.com

Kampung Awan
Adventure and Education Camp
Jl. Raya Puncak Desa Sirnagalih Cipendawa Blok G
No. 2 megamendung Bogor
Phone / Fax : 0811 865 761 / 021 7811 710
Email : kampoeng.awan@yahoo.com

4 comments:

  1. wah...menarik, dimana ini lokasinya mbak?

    ReplyDelete
  2. Mba veronica klo boleh berbagi infonya...yg in gin sy tanyakan brp tar if menginap do kampoeng swan INI Dan siapa yg hrs sy hub Vila in gin berkunjung ksni

    ReplyDelete
  3. Sy in gin cari Rumah penduduk yg disewakan agak murah didaerah megamendung INI krn sy ber3 ingincooling down selama bbrp hr JD may cari rmh warga yg bias a do sewa bin villa

    ReplyDelete

Hi all,
thanks for reading my post and give me some comments here.. :D