Kraukk.com

728 x 90

Sunday, March 07, 2010

Ngelayap ke jogja

Ke jogja ?? ide itu muncul ketika saya dan lilis sedang duduk pagi-pagi , nyeduh kopi di depan tenda di area perkemahan kadang badak gunung gede pangrango sekitar akhir bulan Juni 2009 yang lalu. Awalnya hanya iseng-iseng merencanakan kemudian teman-teman saya datang ke rumah dan langsung menyatakan diri ikut. Setelah dipastikan bahwa saya ,lilis dan si kecil raka- keponakan lilies yang usianya 3 tahun , pinok dan kiwir yang waktu itu masih belum bisa dipastikan jadi apa tidak , tetapi sudah membeli tiket untuk keberangkatan kami dari stasiun tanah abang, dan pada akhirnya kiwir ikut juga ke jogja. Oh ya waktu itu nana juga mau ikut tetapi menjelang detik - detik terakhir keberangkatan dia membatalkan diri karena ada lembur dari kantornya. Untunglah tiket yang sudah dibeli untuk nana digunakan oleh resti temannya pinok. Jadi akhirnya kami berenam ke jogja.

Ada cerita unik sewaktu dalam perjalanan menuju stasiun tanah abang hari jumat 17 Juli 2009 , sore pukul 16.30 pulang dari pabrik di balaraja. Waktu itu pun saya harus cuti hari sabtunya karena belum ada peraturan hari sabtu libur. Walaupun pulang sudah lebih awal tetapi tetap saja di perjalanan tol tangerang Jakarta , mobil granmax yang kami tumpangi terjebak macet. Mungkin karena wiken maka mobil-mobil tumpah ruah di jalan. Saya janjian dengan adik saya jam 6 sore di dekat lampu merah kembangan dekat puri mall. Sedangkan setengah enam sore saya masih ada di dekat pintu tol karang tengah. Aduuhhh saya mulai tidak tenang, kalau sampai ketinggalan kereta bagaimana ? belum lagi ketika keluar pintu tol meruya macet total memebuat saya bertambah panik. Alhasil saya jalan kaki melewati mobil-mobil yang padat merayap kemudian melewati jalan tol yang waktu itu masih dibangun lalu menemui adik saya yang sudah menunggu di sebrang sana depan showroom mobil dengan perlengkapan tas packing saya. Yaa.. setengah tujuh malam meluncurlah saya ke stasiun dengan sepeda motor dan untungnya adik saya ini mengetahui jalan tikus dari arah kebon jeruk menuju tanah abang , sehingga pukul 7 malam sampailah saya di stasiun. Tapi lilies belum sampai karena ban bajaj yang dia tumpangi bocor , aduuuhhh biyung ada-ada aja iihh ..

Kereta ekonomi Begawan menuju jogya akan berangkat setengah jam lagi atau pukul 19.30 dari stasiun tanah abang. Lilies akhirnya sampai juga lima belas menit dari jam 7. Saya dan kiwir menunggunya di dekat loket sedangkan pinok dan resty ada di peron serta karcis di bawa mereka. Upps untunglah kami dapat melewati petugasnya karena banyak orang juga yang keluar masuk peron stasiun tanpa bayar. Setelah itu terdengar pengumuman dari speaker bahwa kereta Begawan akan memasuki jalur,kami mempersiapkan diri terutama raka karena dia masih kecil dan orang-orang yang akan pergi juga banyak sekali mungkin karena libur panjang alias long wiken. Raka juga masih tahap penyembuhan dari diare tapi lilies nekat membawa dia jalan. Kami duduk bangku belakang dekat pintu dan wc kereta api ekonomi begawan. Seru juga naik kereta ekonomi seharga Rp 38,000 ini , penuh berbagai rupa wajah penumpang, full music dari pengamen, full jajanan dan full canda tawa dari kami sepanjang malam hihi..

Menjelang subuh saya mengirimkan pesan sms kepada gatot, teman kami yang ada di jogya. Kami berkenalan sewaktu pendakian persahabatan 2 ke gede pangrango. Lagipula kost nya dia di jogya jadi tempat kami bermalam , yaaahh ngirit ongkos penginapan gitu deh hehehe…
Setelah memberitahukan posisi kereta distasiun mana saja, akhirnya pagi pukul 7 kurang lebih sampailah di lempuyangan. Tujuan utama saya , lilies dan resty adalah kamar mandi. Yuup semalaman di kereta yang pengap dengan bau yang khas ditambah belum mandi cukup membuat badan menjadi gerah karena keringet. Selesai dari kamar mandi, kami menunggu sebentar dan tak lama gatot muncul. Karena gatot hanya punya satu sepeda motor untuk memboncengi kiwir dan sebagai pemandu jalan juga, yah akhirnya naik taxi , saya di depan mangku raka, lilies, pinok dan resti duduk dibelakang bayarnya Rp 20.000 sampai jl DIPanjaitan itupun dibayar gatot .. bener-bener ga enak ati malah tuan rumahnya yang bayar. itu baru hal pertama yang merepotkan tuan rumahnya dan itu baru saja datang di jogja hihi..

Jogjakarta , 18 Juli 2009
================ ( bersambung )